Kaleidoskop 2019, Deretan Bencana Mematikan yang Terjadi di Sukabumi

Rabu 25 Desember 2019, 14:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat dari Januari hingga November 2019 itu terjadi sebanyak 652 bencana. Dari jumlah tersebut, terjadi 275 longsor di Kabupaten Sukabumi. Termasuk longsor yang terjadi di Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, yang terjadi tanggal 31 Desember 2018.

Bencana lainnya yang cukup mendominasi adalah kebakaran rumah dan tempat usaha dengan jumlah 131 kejadian. Kemudian 79 kali angin kencang yang menyebabkan rumah atau fasilitas umum rusak. Kemudian 28 kali banjir, 22 kali gempa bumi, 21 kali pergerakan tanah, 81 kali kekeringan, dan 31 kali kebakaran hutan.

Bencana yang terjadi dari mulai Januari hingga November 2019 itu menyebabkan 35 orang meninggal dunia. Selain menelan korban jiwa, bencana juga menyebabkan 20 orang luka. Kemudian 868 KK atau 3037 jiwa menderita akibat kejadian bencana itu dan 210 KK mengungsi.

Dari bencana yang terjadi dari awal hingga akhir tahun 2019 itu, ini sejumlah bencana yang paling mematikan.

Longsor di Kecamatan Cisolok yang Merenggut Puluhan Nyawa

Bencana longsor yang menerjang Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi terjadi tepat pada akhir tahun, Senin (31/12/2018) sore. Bencana ini mengakibatkan 32 korban tewas dan seorang tidak ditemukan. Selain korban jiwa, longsor menghancurkan puluhan rumah, leuit atau gudang padi juga kendaraan rusak tertimbun. 

Masa tanggap darurat penanganan bencana tanah longsor di Kampung Garehong ditutup dengan demikian proses pencarian korban dihentikan pada hari ke tujuh, Minggu (6/1/2019). 

Anak Tewas Tertimbun Longsor 

Muhammad Rifki (10 tahun) meninggal dunia tertimbun longsor dari tebing setinggi 10 meter di dalam area proyek double track, tepatnya di Kampung Nyalindung, Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/1/2019). 

Saat itu korban sedang bermain bersama lima temannya di area lokasi pembangunan double track. Secara tiba-tiba tebing longsor menimbun beberapa anak. Warga dan pekerja proyek double track kemudian mengevakuasi anak yang tertibun, namun nyawa Rifki tak terolong. 

Warga Tewas Terbakar di Sagaranten

Dua rumah panggung di Kampung Cibungur RT 13/05 Desa Sagaranten, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi terbakar pada Rabu (2/9/2019) sekitar pukul 11.00 WIB.

Kedua rumah yang dihuni oleh sembilan jiwa dari tiga Kepala Keluarga (KK) itu hangus. Akibat peristiwa tersebut, satu orang penghuni rumah tewas terbakar. Pada saat kejadian, korban bernama Ibin ini tidak bisa menyelamatkan diri karena sakit stroke.

Longsor Kadudampit Timbun Seorang Warga

Longsor melanda Kampung Cidadap RT 10/02 Desa Muaradua, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/12/2019) malam, sekitar pukul 20.30 WIB. Longsor terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak sore hari.

Akibat peristiwa tersebut, satu orang atas nama Aldan Maulana bin Yudi (umur 14 tahun) meninggal dunia tertimbun longsor.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap di Malam Hari

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup