Menu

18 Nov 2019, 21:43 WIB

Lebih dari Dua Jam, Pohon Tumbang di Jalan Raya Cisolok - Palabuhanratu Sukabumi Akhirnya Dievakuasi

Proses evakuasi pohon ketapang yang tumbang di ruas Jalan Nasional Palabuhanratu - Cisolok, tepatnya di Kampung Katapang Condong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Senin (18/11/2019) malam. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Akhirnya, pohon ketapang yang tumbang di ruas Jalan Nasional Palabuhanratu - Cisolok, tepatnya di Kampung Katapang Condong, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi berhasil dievakuasi.

Pohon yang tumbang sekitar pukul 17.00 WIB setelah diterjang hujan dan angin kencang itu berhasil dievakuasi sekitar pukul 20.15 WIB.

BACA JUGA: Pohon Ketapang Tumbang Timpa Motor di Jalan Raya Cisolok - Palabuhanratu Sukabumi

Butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk mengevakuasi pohon yang menghalangi hampir separuh badan jalan tersebut. Proses evakuasi sendiri dilakukan tim Gabungan Forum Komunikasi Sar Daerah, Sabhara Polres Sukabumi dan masyarakat menggunakan dua gergaji mesin.

"Lumayan lama karena pohon ketapang yang tumbang ini lumayan besar dengan diameter sekitar 50-70 sentimeter," ujar Tim Sarda Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri kepada sukabumiupdate.com, usai evakuasi.

BACA JUGA: Hujan Badai di Simpenan dan Palabuhanratu, Pohon Tumbang Atap Berterbangan

Lebih lanjut, Okih menjelaskan, pohon ketapang yang tumbang hingga menimpa sepeda motor milik warga itu terdapat bagian dahan yang sudah lapuk, sehingga saat terjadi hujan deras disertai angin kencang dahan tersebut patah lalu terjatuh.

"Memang jalur sini rawan pohon tumbang karena banyak yang kondisinya sudah tua. Insyaallah nanti kita akan koordinasikan dengan pihak BKSDA agar dilakukan perawatan dengan cara pemangkasan. Kepada para pengendara yang sedang melintas diharap waspada dan berhati hati saat melintas di jalur ini. Kita juga sudah memberikan imbauan tertulis dengan alat peraga pamflet ataupun imbauan secara langsung," tandasnya.

BACA JUGA: Pohon Tumbang di Pusat Kota Palabuhanratu, Gerobak Teh Poci Hancur Tertimpa

Sementara itu, Ukan Sukarya ketua RT setempat menambahkan, saat evakuasi berlangsung sempat terjadi antrean panjang kendaraan. Namun warga sekitar berinisiatif melakukan sitem buka tutup tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas.

"Sempat tersendat tadi arus lalu lintas, namun keburu ada tim yang melakukan evakuasi sehingga arus lalu lintas di berlakukan buka tutup. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa tapi motor jenis Supra bagian depan rusak karena tertimpa pohon," singkatnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Polda DIY telah memeriksa 13 orang yang dianggap mengetahui tragedi susur sungai SMP 1 Turi di Sungai Sempor, Sleman. Dari pemeriksaan tersebut, polisi telah menetapkan satu orang...

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak misteri tersimpan di laut dalam, termasuk dengan para penghuninya. Paling baru, peneliti dibuat kaget dengan penemuan cumi-cumi raksasa dan hiu bercahaya. Para peneliti yang tergabung dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi mengeluhkan listrik yang sering kali padam. Dalam sehari, bisa terjadi tiga kali padam. Sekali padam bisa sampai satu jam.  Menurut warga Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com -  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan satu orang Pembina Pramuka sekaligus guru di SMPN 1 Turi Sleman dengan inisial IYA sebagai tersangka kasus susur sungai. Status tersangka itu ditetapkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya