Menu

Jumat, 20 September 2019, 14:45 WIB

Pemdes Sukaresmi Telusuri Alamat TKW yang Ditemukan Setelah 9 Tahun Hilang di Suriah

Plang balai Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Oksa BC

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, masih mencoba menelusuri alamat Dewi Puspita, Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang hilang selama sembilan tahun di Suriah kemudian ditemukan kembali. Dewi disebutkan merupakan warga Kampung Cijambe, Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat. 

"Informasinya baru kami dapatkan tadi, dan sekarang sedang dicek ke seluruh Ketua RT dan RW di Desa Sukaresmi ini," ujar Sekdes Sukaresmi, Iyus, Jumat (20/9/2019).

BACA JUGA: Sempat Tertahan di Arab Saudi, Jenazah TKW Asal Surade Sukabumi Akhirnya Dipulangkan

Iyus menjelaskan, ada 10 RW dan 21 RT yang masuk dalam wilayah Kampung Cijambe. Selain menelesuri ke setiap RT, pihaknya tengah mencari nama Dewi Puspita dalam data register pemberangkatan TKI yang berangkat dari Desa Sukaresmi.

"Cukup sulit ya, karena itu sudah sembilan tahun yang lalu. Jadi mesti kita cari dulu datanya," pungkas Iyus.

BACA JUGA: TKW Asal Surade Sukabumi Meninggal di Arab, Terakhir Komunikasi Dua Tahun Lalu

Sebelumnya, Tim Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Serikat Buruh Migran Indonesa (SBMI) Riyadh Arab Saudi, Agus Gia menyatakan Dewi Puspita yang 9 tahun hilang di Suriah akhirnya ditemukan dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani. Dewi ditemukan dalam keadaan selamat setelah pihaknya mengirim surat ke berbagai instansi.

"Buruh migran ini ditemukan dalam hitungan hari oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus Suriah setelah kami mengirim surat ke berbagai instansi terkait," kata Agus melalui sambungan telepon, Kamis (19/9/2019) di lansir dari suara.com.

BACA JUGA: Mantan TKW Hilang Kontak, Pemdes Bojongsawah Minta Bantuan Dinsos

Informasi yang dihimpun, SBMI Riyadh mendapatkan laporan dari keluarga TKW asal Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat pada tanggal 15 Juli 2019, kemudian pada tanggal 17 Juli 2019 pihaknya bersurat kepada Bupati Sukabumi, Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Damaskus, dan beberapa instansi lainnya.

Tidak lama kasus hilang kontak TKW ini langsung ditangani oleh pihak KBRI. Dalam hitungan hari, tepatnya pada bulan Agustus 2019, pihak KBRI Damaskus menemukan Dewi dalam keadaan sehat di negara yang sedang mengalami konflik itu.

Setelah itu di awal September, SBMI diberi tahu bahwa TKW yang hilang kontak sejak 2010 sudah ditemukan dan sudah dibawa ke shelter KBRI Damaskus.

 

 

Reporter : OKSA BC
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Empat ruko (rumah toko) di Jalan Raya Cibatu, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi hangus terbakar pada Jumat (20/9/2019) siang. Salah seorang saksi mata, Rizal (21 tahun) menuturkan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran, menggelar Salat Istisqo di Lapangan Sepakbola Cibungur, Jumat (20/9/2019). BACA JUGA: Lima Bulan Dilanda Kemarau, Warga Desa Mangunjaya Salat Istisqo "Pelaksanaan sekitar pukul 14.00...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemadaman listrik yang terjadi secara berkali-kali hingga menyebabkan barang elektronik milik warga Kampung Pamatutan, Desa Bojonggenteng, Kecamatan Bojongggenteng, Kabupaten Sukabumi, bisa mengadukan kerugian yang dialami kepada Badan...

SUKABUMIUPDATE.com - Namanya George Candra. Ia akrab disapa Jojo dan usianya 11 tahun. Ia adalah penjual donat keliling di sekitaran Kampung Gunungguruh, Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Satu...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya