Kurang Transparan Soal Anggaran, Warga Persoalkan Kinerja Kades Cibentang Sukabumi 

Senin 26 Agustus 2019, 08:20 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi meminta Kepala Desa (Kades) Cibentang Asep Sukandar, transparan soal pengalokasian anggaran dan pembangunan yang dilaksanakan. Hal tersebut disampaikan sejumlah warga di Kantor Desa Cibentang

"Kedatangan kami kesini ingin mengajak Kades beserta stafnya untuk bermusyawarah. Hal tersebut lantaran adanya isu bahwa anggaran Dana Desa tahun 2019 untuk Desa Cibentang tidak akan keluar karena banyak permasalahan. Maka dari itu kami sigap," kata salah satu tokoh masyarakat Ahmad Madria kepada sukabumiupdate.com, Senin (26/8/2019).

BACA JUGA: Dana Desa Cidahu Cibitung Terpakai, Polsek Koordinasi dengan Tipikor Polres Sukabumi

Namun dalam pertemuan ini, Kades tidak hadir sehingga warga pun kecewa karena di musyawarah tersebut warga ingin mendapatkan jawaban secara langsung dari kades bersangkutan. Pertemuan hanya dihadiri oleh Ketua BPD dan beberapa staf Desa.

"Beberapa kali di telepon agar segera datang ke kantor desa, kades malah banyak alasannya. Katanya akan datang siang, tetapi kami tunggu tidak ada. Kami akan melakukan pertemuan lagi dengan agenda yang sama. Yaitu, mempertanyakan tentang alokasi anggaran dan kinerja kades," tandasnya.

BACA JUGA: Untuk Bayar Beras, Dana Desa Cidahu Cibitung Sukabumi Diganti Setelah Sawah Laku

Sementara itu, Kaur Kesra Desa Cibentang Yeni mengapresiasi sikap kritis masyarakat terhadap pembangunan di desa. Menurutnya, secara tidak langsung masyarakat ikut memantau terkait dengan pembangunan desa, hal itu menandakan masyarakat sudah mengerti tentang mekanisme pembangunan Desa. "Masyarakat berarti respon terhadap pembangunan desa dan mengerti, ini harus bagaimana dan itu harus bagaimana," imbuh Yeni.

Yang dipermasalahkan oleh Warga kata Yeni adalah terkait dengan kinerja Kades. Pasalnya, warga menganggap kinerja Kades kurang baik. Menanggapi hal itu, Yeni menegaskan kades tidak pernah mengabaikan pelayanan. "Tetapi pelayanan tidak pernah terabaikan. Seperti ada yang harus ditandatangi atau apapun tetap pak kades menandatangi dan selalu kami layani dengan baik," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)