Menu

19 Agu 2019, 11:55 WIB

Sesar Citarik Aktif, Cisolok dan Sekitarnya Bergetar Tiga Detik Diguncang Gempa 3,0 M

Situasi di Kantor Kecamatan Cisolok pasca gempa bermagnitudo 3.0 Senin (19/8/2019) tadi pagi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi masih memantau dampak gempa bumi bermagnitudo 3.0 yang mengguncang Sukabumi, Senin (19/8/2019) sekitar pukul 08.13 WIB. 

Di wilayah pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi tepatnya di Kecamatan Cisolok, getaran gempa terasa pelan. 

"Belum ada kita sudah melakukan pantauan koordinasi dengan pemerintah desa se-Kecamatan Cisolok sejauh ini masih aman, mungkin karena getarannya kecil hampir tidak terasa," ujar relawan BPBD wilayah Kecamatan Cisolok, Andri Firmansyah kepada sukabumiudpate.com.

BACA JUGA: Sesar Citarik Penyebab Gempa Sukabumi Senin Pagi Ini

Menurut Andri saat kejadian dirinya baru selesai mengadakan apel pagi di halaman kantor Kecamatan Cisolok. "Iya tadi kerasa getaran gempa pas lagi apel pagi, sekitar tiga detik lah," imbuh Andri.

Sementara itu, Relawan BPBD Kecamatan Simpenan Yayan Bastiar mengatakan getaran gempa tidak terasa namun pihaknya terus melakukan pantauan dengan unsur lainnya diantaranya pemerintah desa.

BACA JUGA: Gempa 3,0 Magnitudo di Sukabumi, BPBD Pantau Dampaknya

"Alhamdulillah setelah melakukan koordinasi gempa tidak terasa untuk wilayah Simpenan, kita sudah melakukan himbauan kepada masyarakat agar tetap tenang," singkatnya.

Dari keterangan BMKG, gempa bumi ini terletak pada koordinat 6.77 Lintang Selatan (LS) dan 106.53 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 8 Kilometer. Adapun pusat gempa berada di darat 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi. Gempa ini akibat aktivitas Sesar Citarik.

Reporter : NANDI
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Bahkan setelah lebih dari 20 tahun berada dalam laut, kantong plastik yang biasa digunakan sehari-hari menunjukkan sedikit saja tanda-tanda bisa terurai atau rusak. Fakta ini ditemukan lewat...

SUKABUMIUPDATE.com - Gelandang Bhayangkara FC, Sani Rizki Fauzi, mengatakan ingin membela timnas Indonesia senior besutan manajer pelatih Shin Tae-yong, dan akan berusaha semaksimal mungkin agar keinginan tersebut tercapai. Dikutip dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, mulai mempertanyakan mentalitas para pemain setelah menelan kekalahan 1-3 saat bertandang ke markas Sheffield United, Jumat dini hari. Menurut dia, faktor mental...

SUKABUMIUPDATE.com - KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) menetapkan Bupati Kutai Timur Ismunandar menjadi tersangka kasus suap proyek infrastruktur. Istrinya, Encek UR Firgasih, selaku Ketua DPRD Kutai Timur, juga berstatus tersangka. "Diduga...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya