Menu

Selasa, 13 Agustus 2019, 18:57 WIB

Bukit Senyum Palabuhanratu Terbakar, 1000 Meter Persegi Kebun Karet Hangus

Petugas memadamkan api saat kebakaran di perkebunan karet Bukit Senyum, Kampung Gunung Butak, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Selasa (13/8/2019) sore. | Sumber Foto:Nandi.

SUKABUMIUPDATE.com - Lahan perkebunan karet di Bukit Senyum Gunung Butak, perbatasan Desa Citepus dan Desa Cimangu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terbakar pada Selasa (13/8/2019) sore, sekitar pukul 15.22 WIB. Api melahap sekitar 1.000 meter persegi lahan perkebunan.

Kepala Regu Pos Pemadam Kebakaran Palabuhanratu, Iwan Ahmad Aji Gunawan menjelaskan lahan yang terbakar sebagian besar ditumbuhi karet dan tanaman pisang milik warga. Meski tak ada korban jiwa, namun tanaman warga ludes dilalap api.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Palabuhanratu, Damkar: Gara-gara Puntung Rokok

"Kami menerima laporan dari Satpol PP sekitar pukul 15.22 WIB, yang menerangkan bahwa ada lahan terbakar dekat Bukit Senyum ini," papar Iwan kepada sukabumiupdate.com, di lokasi kejadian.

BACA JUGA: Gara-gara Puntung Rokok, Lahan Kering di Subangjaya Sukabumi Kebakaran

Hingga kini, masih kata Iwan, petugas masih menelusuri dari mana api berasal. "Pada saat kejadian, api sudah membesar. Area perkebunan ditumbuhi ilalang kering sehingga api cepat membesar," lanjutnya.

BACA JUGA: Kebakaran Lahan di Komplek Prana Sukabumi, Pemadaman Terhambat Portal Terkunci

"Kami mendapat kabar api dari tumpukan sampah yang dibakar, kemudian merembet ke ilalang, ditambah angin cukup kencang. Api dapat dipadamkan sekitar 35 menit kemudian," lanjutnya.

Kini petugas pemadam kebakaran masih berjaga di lokasi. "Yang kami khawatirkan kabel aliran listrik PLN untuk ke Cikeong yang di pinggir jalan ini terbakar. Kepada masyarakat kami imbau jangan membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah atau di lahan seperti di sini," tandasnya.

 

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Empat klub Liga Primer Inggris, yaitu Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Tottenham, yang tampil dalam Liga Champions Eropa musim ini sukses melaju ke babak 16 besar. Apapun hasil...

SUKABUMIUPDATE.com - Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore mengaku senang Indonesia memperketat aturan perkebunan sawit. Namun, ia menyayangkan jika kebakaran hutan masih saja terus terjadi di Indonesia, bahkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menjadi tokoh yang paling banyak dicari dalam mesin pencari Google di Indonesia pada 2019 dan uniknya nama Presiden Joko Widodo atau...

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memprediksi keuntungan industri penerbangan tahun ini menurun. Sebab, sejak perang dagang Amerika Serikat-Cina memanas, jumlah penumpang dan volume kargo merosot. Dengan kurang dari...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya