Irigasi Jebol dari Tahun Lalu, Puluhan Hektar Sawah di Cidahu Sukabumi Kering

Kamis 27 Juni 2019, 06:09 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan hektar sawah di Desa Pondokasolandeuh dan Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, terancam kekeringan akibat jebolnya tanggul pemisah irigasi di Sungai Cibojong yang terjadi tahun lalu, tepatnya pada Sabtu (3/3/2018). 

Koordinator BPP Dinas Pertanian Wilayah Cidahu Pita Patimah, mengatakan, ada sekitar 50 hektar lahan sawah produktif mengalami kekeringan di dua desa tersebut.

BACA JUGA: 70 Hektar Area Sawah di Wilayah Utara Sukabumi Terancam Kering

Lahan pesawahan yang kering berada di wilayah Desa Jayabakti tepatnya di Blok Cikalong seluas 20 hektar sawah. Kemudian Blok Tapos di Desa Pondokasotengah di seluas 30 hektare.

 

"Kami sudah berupaya mengajukan proposal bantuan ke dinas terkait agar mendapatkan penanganan jebolnya tanggul tersebut dan saya sudah mendapatkan informasi akan ada kunjungan dari Bidang Infrastruktur Bapeda Kabupaten Sukabumi," ujar Patimah.

BACA JUGA: Tanggul Irigasi di Mekarsari Cicurug Sukabumi Jebol

Warga Tapos Encup mengatakan, sekitar 30 hektare lahan sawah produktif terancam kekeringan akibat dari jebolnya tanggul pemisah di kali Cibojong, Desa Jayabakti. Menurut dia, aliran air dari sungai Cibojong Desa Jayabakti mengalir ke lima RT di Kampung Tapos Desa Pondokkasotengah Kecamatan Cidahu," ujar Encup.

Selain sawah, air disumur warga dan kolam ikan pun kering. Sebab, sumur mengandalkan resapan dari sungai tersebut.

Kepala UPTD PU Wil lll Cicurug Jejen mengatakan, Daerah Irigasi (DI) yang jebol merupakan kewenangan desa. Adapun terkait teknisnya berkaitan dengan Bapppeda.

"Nanti keputusannya ada di Bappeda. Mungkin dari Bappeda disposisi ke PU maka menjadi pekerjaan PU. Kan (terkait irigasi) itu ada pihak terkait, karena itu ada dinas pertanian, PSDA dan PU," singkat Jejen.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)