Tips Mudik Lebaran Malam Hari Menggunakan Sepeda Motor

Minggu 26 Mei 2019, 05:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hari raya Idul Fitri atau Lebaran sangat dinanti umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, apalagi bagi para perantau menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan, seberapa jauh pun kampung halaman akan ditempuh, tentu dengan rencana mudik lebaran dari jauh-jauh hari.

Mudik juga tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi umum, seperti bus, hingga kereta api. Beberapa orang tentu ingin mudik dengan memilih kendaraan pribadi agar lebih cepat sampai, seperti naik sepeda motor.

Namun, jika ingin mudik naik sepeda motor Anda harus mengetahui beberapa tips yang harus dilakukan agar selama perjalanan selalu nyaman dan aman. Apalagi jika Anda memilih perjalanan pada malam hari untuk menghindari macet dan panas di jalan raya, tentu harus mempersiapkan diri dengan ekstra.

Selain menggunakan jaket hangat, masker, hingga sarung tangan, ada beberapa tips mudik lebaran jika berkendara saat malam hari yang harus Anda ketahui.

Berikut sukabumiupdate.com melansir dari berbagai sumber tips nyaman mudik lebaran menggunakan kendaraan bermotor saat malam hari.

1. Cek Kondisi Kendaraan

Sepeda motor yang akan dibawa mudik, harus dicek kelaikannya. Apalagi bila kampung halaman Anda cukup jauh. Mengecek kondisi kendaraan meliputi kondisi mesin, rem, oli, ban, lampu-lampu, dan lainnya. 

Bukan hanya saat mudik saja, Anda juga perlu menstabilkan kondisi motormu agar aman dan nyaman digunakan. Gunakanlah peralatan berkendara yang sudah SNI agar aman ketika melewati pos polisi di seluruh jalur mudik.

2. Cek Kondisi Tubuh

Bukan hanya mengecek kondisi motor saja, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan. Berkendara malam hari saat mudik lebaran tentu adalah tantangan tersendiri karena kamu akan mudah lelah dan mengantuk.

Ada baiknya jika kamu mempersiapkan diri dengan mengonsumsi vitamin, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup sebelum berangkat.

3. Ajak Teman

Saat mudik tentu saja semua orang ingin pulang ke kampung halaman masing-masing. Namun jika ada temanmu yang ingin menunda mudik karena suatu alasan, ada baiknya mengajaknya untuk ikut pulang bersama di rumahmu.

Ada sisi positif yang bisa kamu ambil, yakni berkendara di malam hari dengan teman tidak akan membuatmu mudah bosan dan mengantuk. Anda bisa mengobrol dengan teman sepanjang perjalanan maupun bergantian untuk menyetir motor agar tidak mudah lelah.

4. Bawa Barang Secukupnya

Saat mudik lebaran tentu dalam pikiran ingin membawa banyak oleh-oleh yang dibagikan kepada kerabat dan teman-teman. Tetapi jika mudik lebaran dengan naik sepeda motor ada baiknya menghindari membawa banyak barang bawaan.

Bawalah barang secukupnya saja agar perjalananmu selalu nyaman dan mudah jika ingin beristirahat di posko mudik tanpa harus menurunkan banyak bawaan.

Semakin banyak barang yang kamu bawa saat mudik naik sepeda motor, maka akan semakin susah juga menjaga keseimbangan selama berkendara.

5. Hindari Jalanan Sepi

Saat mudik tentu banyak lokasi yang macet dan padat kendaraan seperti mobil pribadi. Beberapa orang justru menyiasati dengan memilih jalan alternatif dengan lewat jalanan yang lebih sepi agar mudah sampai.

Perlu diketahui, selama mudik lebaran dan berkendara di malam hari Anda harus menghindari jalanan yang sepi. Hal ini untuk menghindari risiko begal, jambret, hingga penculikan yang membuatmu gagal mudik.

Selain itu, lewat jalan yang ramai dan macet tak jadi masalah karena ada banyak posko mudik yang aman dan dijaga oleh beberapa polisi.

6. Istirahat di Posko Mudik

Sepanjang jalur mudik lebaran selalu disediakan posko mudik untuk tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Ada baiknya Anda menemukan posko terdekat dan beristirahat untuk mengembalikan energi sebelum berkendara.

Anda bisa mencari posko mudik terdekat dengan menggunakan aplikasi dari ponselmu yang bisa memberitahu posko terdekat dari lokasimu saat itu.

7. Hindari Konsumsi Obat-obatan

Jika Anda ingin mudik dan berkendara saat malam hari, hindari mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk, karena jika berkendara dalam keadaan mengantuk sangat tidak nyaman dan cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Sehingga persiapkan diri jika ingin mudik dan berkendara di malam hari untuk menjaga mata agar tidak mengantuk. Jika kamu mengantuk dalam perjalanan segera temukan posko mudik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

8. Atur Jarak Pandang

Selama mudik dan berkendara di malam hari, ada baiknya Anda menggunakan lampu standar agar tidak menyilaukan pengendara lain. Aturlah jarak pandang selama perjalanan menggunakan lampu jarak jauh jika kamu berada di jalan yang gelap dan sepi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)