Kepikiran Biaya Perawatan Anaknya, Pria Paruh Baya Ini Nekat Panjat Pohon di Sekitar RS Bunut

Sabtu 18 Mei 2019, 17:10 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pria paruh baya bernama Tisman (40 Tahun), warga Kampung Cibereum RT 02/08, Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, nekat memanjat sebuah pohon setinggi kurang lebih 10 meter di sekitaran depan RS Bunut, dari pukul 17.30 WIB hingga pukul 21.00 WIB baru berhasil dievakuasi oleh sejumlah aparat petugas dari Satpol-PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan kepolisian.

Dari informasi yang dihimpun dari mertua Tisman bernama Utan (60 Tahun), sejak pukul 11.00 WIB. Menurut Utan, Tisman pada saat itu tengah menunggu anaknya yang bernama Aris Riswara (18 Tahun), korban kecelakaan lalu lintas yang dirawat di RS Bunut sejak hari Jumat (17/5/2019) kemarin.

"Dia (Tisman, red) bilang ke saya mah pas siang tadi, katanya mau keluar dulu niis," terangnya kepada sukabumiupdate.com di ruangan IGD RS Bunut, Sabtu (18/5/2019).

BACA JUGA: Depresi Berat, Gadis Muda Minta Suntik Mati ke RS Bunut Kota Sukabumi

Namun, selama berjam-jam menunggu, Tisman tak kunjung kembali ke ruangan perawatan anaknya yang berada di ruangan Teratai Merah RS Bunut hingga sore hari datang. Merasa cemas, akhirnya Utan mencoba mencari Tisman ke sana kemari, hingga pada saat jam menunjukan sekitar pukul 17.30 WIB jelang magrib, ia dikagetkan dengan melihat menantunya tersebut sudah berada di atas pohon di sekitaran depan RS Bunut.

"Saya kira ada hewan atau apa di atas itu, ternyata itu Tisman udah di atas," terangnya.

Sontak, Utan mencoba mencari pertolongan kepada warga sekitar untuk mencoba membujuk Tisman agar turun dari pohon tersebut. Setelah magrib, sejumlah aparat petugas dari satpol-PP, dishub, damkar dan kepolisian melakukan proses evakuasi untuk menurunkan Tisman dari atas pohon tersebut. Proses evakuasi berlangsung dramatis dan alot, kerjadian tersebut menjadi tontonan warga di sekitaran RS Bunut

"Dia sulit untuk dibujuk pas di atas, pas petugas mencoba mendekati dia, eh dia malah lompat ke dahan pohon lainnya, bahkan tadi sempat dia di ujung atas pohon itu. Petugas mengalami kesulitan mengevakuasi dia untuk turun," paparnya.

Setelah kurang lebih empat jam proses evakuasi berlangsung, Tisman pun berhasil diturunkan oleh petugas sekitar pukul 21.00 WIB malam. Tisman langsung dibawa ke ruangan observasi IGD RS Bunut, untuk mendapatkan penanganan dan perawatan oleh tim medis RS Bunut. Utan menuturkan, kemungkinan Tisman mengalami stress karena kepikiran biaya perawatan anaknya yang mengalami luka di kepala hingga mengeluarkan darah di telinga akibat kecelakaan lalu lintas terjatuh dari motor pada hari Jumat (17/5/2019) lalu. Meskipun anaknya Tisman diketahui mempunyai asuransi kesehatan BPJS dan KIS. Namun kata Utan, BPJS atau KIS tersebut tak dapat digunakan di RS Bunut dengan alasan yang kurang jelas.

"Kepikiran biaya perawatan anaknya. Tapi setahu saya mah, dia gak punya riwayat penyakit kejiwaan, dari hari pertama ia menemani anaknya sampai tadi pukul 11.00 WIB siang juga biasa-biasa aja, meskipun sempat agak mulai melamun dan pendiam," tandasnya.

Hingga berita ini ditayangkan, petugas medis RS Bunut masih melakukan pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan Tisman. Rencananya, Tisman akan dibawa pulang ke rumahnya oleh keluarganya, sedangkan anaknya Aris akan terus dirawat di rumah sakit, mengingat kondisi anaknya yang tidak memungkinkan untuk dirawat di rumah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)