Ada Pengajian Lima Agama, Warga Desa Karawang Sukabumi Minta MUI Bertindak

Sabtu 18 Mei 2019, 02:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan warga mendatangi kantor Desa Karawang, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jumat (17/5/2019) malam. Warga hendak mengadukan adanya dugaan ajaran agama menyimpang di Kampung Karawang Kidul RT 02/12 Desa Karawang.

Aduan warga kemudian dilanjutkan dalam dialog yang dihadiri perwakilan warga, tokoh agama, tokoh pemuda, RT, RW, Pemdes Karawang, MUI dan unsur Muspika Sukabumi.

Dalam dialog, warga memprotes keberadaan salah satu tempat yang sebelumnya sering digunakan untuk tempat pengajian, namun dianggap bertentangan dengan keyakinan yang selama ini dianut. Warga sebut ada ajaran lima agama yang disatukan.

BACA JUGA: Video: Ada Ritual, Saung di Ciracap Sukabumi Didatangi Aparat

Ajaran itu dibawa oleh seorang perempuan berinisial SI, yang kemudian menikah dengan AA, lalu membangun sebuah tempat pengajian di Kampung Karawang Kidul, yakni di kediaman Rusdi. Lokasi itu juga kabarnya akan dijadikan tempat untuk yayasan yang akan dibuat oleh SI dan AA.

Ketua MUI Desa Karawang Ustadz Usep membenarkan, aduan warga tak lain terkait adanya pemahaman menggabungkan lima agama sekaligus yang disatukan dalam sebuah kumpulan. Sementara, kata Usep, persoalan tauhid sudah menjadi hal yang mutlak dalam ajaran agama islam.

"Memang ada informasi soal dugaan ajaran yang menyimpang, tapi ini masih harus dikaji lebih lanjut. Harus tabayun dan ada yang menjadi saksi. Nanti akan kita temui yang bersangkutan. Kalau memang ada paham lima agama, itu jelas menyimpang. Kalau dalam hukum agama itu murtad. Masalah akidah dan tauhid itu harga mati," ujar Usep kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Ritual Aneh Kerajaan Ubur Ubur, Diawali Yasinan Ditutup Joget

Di tempat yang sama, Kapolsek Sukabumi AKP Dedi Suryadi menyebut, pihak kepolisian akan memanggil SI dan AA untuk memastikan apakah betul SI dan AA dianggap menyebarkan ajaran yang menyimpang, sambil mencari asal-usulnya. Meski demikian, Dedi mengimbau warga untuk tetap tenang dan tak melakukan hal-hal yang mengganggu kamtibmas.

"Alhamdulillah warga juga mau mendengar, sama-sama jaga kondusifitas. Ini akan diselesaikan dan dibahas oleh para ahli. Soal menyimpang atau tidak, nanti akan ada para ahli yang melakukan kajian lebih lanjut, untuk pembuktian. Adapun yang membawa ajaran itu kabarnya berasal dari Tangerang. Intinya yang penting sekarang, kita sama-sama jaga kondusifitas," tandas Dedi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik
Life19 April 2024, 10:00 WIB

Kesehatan Mental Terganggu, 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin Dalam Hidupnya

Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.
Ilustrasi - Luka batin adalah bekas luka emosional yang tertanam dalam diri seseorang akibat pengalaman menyakitkan di masa lalu.  (Sumber : unplash/@Danie Franco)
Inspirasi19 April 2024, 09:30 WIB

8 Panduan Sederhana untuk Bisnis Online Pemula, Jangan Lupa Riset Pasar!

Bisnis online dapat dijalankan dengan cara membuat toko online, memasarkan produk melalui marketplace, atau menawarkan jasa melalui situs web atau platform online lainnya.
Ilustrasi. Bisnis online. Sumber : pixabay/janeb13
Sehat19 April 2024, 09:00 WIB

Menurunkan Gula Darah Secara Alami, 7 Langkah Ubah Pola Makan dan Gaya Hidup

Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Sebaiknya Anda menghindari hal ini dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan gula darah. Sumber: Freepik/freepik