Menu

Kamis, 28 Maret 2019, 11:54 WIB

Tradisi Kumandangkan Azan Saat Hujan Deras Masih Terjaga di Cikembar Sukabumi

Warga mengumandangkan azan saat hujan deras disertai angin serta petir melanda Kampung Kampung Cinangreup, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/3/2019) sore | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Azan berkumandang di Kampung Cinangreup, Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, pada saat hujan lebat disertai angin kencang dan petir, Rabu (27/3/2019) sore itu.

Dia adalah Hanuman (48 tahun), pria yang mengumandakan azan diteras rumahnya. Menurutnya, sudah menjadi tradisi kalau di daerahnya ini mengumangkan azan ketika hujan deras disertai angin dan petir melanda.

BACA JUGA: Azan Salat Jumat di Selandia Baru Disertai Mengheningkan Cipta

Hanuman mengatakan, masyarajat setempat meyakini dengan mengumandangkan azan, hujan lebat disertai angin kencang dan petir bisa berhenti. Azan dikumandangkan ketika hujan yang turun tidak seperi hujan biasanya.

"Hanya di saat hujan turun yang kita lihat tidak biasa saja baru mengumandangkan Azan, kalau hujannya masih terlihat normal. Ya, dibiarkan saja," katanya.

Sementara itu, ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi, Ahmad Komarudin menuturkan, terdapat dalil serta hadist dalam Alquran tentang mengumandangkan azan saat hujan disertai angin serta petir. Menurut Ahmad dengan mengumandakan azan saat hujan bisa mencegah malapetaka.

"Salah satu hikmatnya azan di waktu hujan lebat yang disertai angin dan petir bisa mencegah dari malapetaka. Dan itu ada dalilnya," singkat Ahmad.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ajang (15 tahun) bungsu dari tiga bersaudara ini memiliki kekurangan fisik pada bagian kakinya. Meskipun Difabel, Ajang ingin sekali bisa baca tulis. Sehari-hari, anak pasangan suami istri Kakat...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur mengakibatkan jalan longsor di Kampung Tenjolaut RT 04/08, Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Rabu (27/3/2019) sekitar pukul 17.00 WIB. Kejadian ini mengancam empat rumah...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya