Menu

Jumat, 15 Maret 2019, 14:25 WIB

Sungai Cimahi Cibadak Sukabumi Berbusa, Tim DLH Datangi PT Daehan Global

Petugas DLH mengambil sampel dari sungai dan kolam pengelolaan limbah PT Daehan Global. | Sumber Foto:Suhendi.

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, Jumat (15/3/2019) tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi dan Kecamatan Cibadak mengecek dugaan pencemaran sungai Cimahi yang viral karena berbusa. Tim Pengaduan Penyelesaian Sengketa lingkungan (P2SLH), mengambil sampel busa dan air dari sungai Cimahi dan mengecek langsung ke lokasi pengolahan limbah cair milik pabrik garmen PT Daehan Global.

Perusahaan ini terdeteksi memiliki saluran buang akhir limbah ke sungai Cimahi. Didampingi perwakilan perusahaan, enam petugas dari DLH dan Pol PP Kecamatan Cibadak mengecek lokasi bak penampungan limbah cair yang berada dibagian belakang pabrik.

BACA JUGA: DLH Terjunkan Tim, Cek Sample Air Sungai Cimahi Cibadak Sukabumi yang Berbusa

Tim mengambil sampel air dari kolam limbah, termasuk melakukan tes cepat dengan alat khusus. Tim gabungan ini juga memeriksa ruangan produksi limbah PT Daerah Global.

"Ya, kita ambil semple busa dan air dari kolam penampungan dari hasil pengelola limbah dari kolam satu dan dua untuk kita uji leb yang sudah terakreditasi," jelas Yudistira, Kepala Seksi pengaduan dan penyelesaian sengketa lingkungan pada DLH Kabupaten Sukabumi.

Bersama Agus supriadi Kepala Seksi pengendalian kerusakan lingkungan, Yudis menambahkan hasil tes uji laboratorium baru akan diketahui selama beberapa hari kedepan. DLH juga akan menyisir sejumlah industri lainnya diwilayah Cibadak dan lainnya yang membuang limbah cair ke sungai Cimahi.

Sementara, Abdul Haris selaku HRD PT Daehan Global menegaskan proses penanganan limbah sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah. “Proses limbah cair kita sesuai dengan ketentuan yang ada,” jelasnya singkat.

Reporter : SUHENDI
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi, Emir Syarif Ismil mengungkapkan, sebanyak 80 perusahaan menunggak pembayaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Sebagian besar perusahaan-perusahaan tersebut terlambat membayar BPJS tiga sampai enam bulan. BACA...

SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, Jumat (15/3/2019) tim gabungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi dan Kecamatan Cibadak mengecek dugaan pencemaran sungai Cimahi yang viral karena berbusa. Tim Pengaduan Penyelesaian...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Forum Koordinasi Sar Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri memastikan perairan di pantai Palabuhanratu tidak terjadi gelombang tinggi.  "Alhamdulillah sejauh ini dari hari kemarin juga aman, peningkatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah perahu fiber atau perahu nelayan hancur digulung ombak Pantai Konservasi Penyu Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Akibatnya dua orang nelayan terluka. BACA JUGA: Nelayan Cikahuripan Sukabumi Tewas Dalam...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya