Menu

Kamis, 14 Maret 2019, 13:35 WIB

Awas Gelombang Tinggi, Nelayan Palabuhanratu Diimbau Waspada

Kondisi ombak di wilayah Palabuhanratu Sukabumi, Kamis (14/3/2019). | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Forum Koordinasi Sar Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri memastikan perairan di pantai Palabuhanratu tidak terjadi gelombang tinggi. 

"Alhamdulillah sejauh ini dari hari kemarin juga aman, peningkatan gelombang tinggi itu terjadi di perairan laut lepas, perairan laut Jabar selatan 02 sampai 03 meter, sementara berdasarkan pantauan kami dalam teluk Palabuhanratu sendiri 0 sampai dengan 01 meter," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (14/3/2019).

Senada dengan Okih, petugas Syahbandar, Sopyan Efendi menjelaskan telah menerima laporan dari BMKG terkait dengan gelombang tinggi air laut. Prakiraan cuaca di Perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi masih bagus atau masih normal.

"Adapun dari BMKG ada informasi akan terjadi gelombang tinggi di wilayah selatan setinggi 2,5 sampai 3 meter itu masih di katakan standar untuk di wilayah perairan Palabuhanratu," ujar Sopyan.

Dikatakan cuaca ektrim itu, lanjut Sopyan, diantara 3 hingga 4 meter, jika masih di bawah itu masih dikatakan normal. "Itupun terjadi di laut lepas kalau di Palabuhanratukan teluk, Insyaallah aman," jelasnya.

Biasanya kalau ada edaran dari BMKG terutama terkait cuaca buruk, tambah Sopyan, pihanya pun akan mengeluarkan edaran tersebut ke nelayan dengan cara menghimbau supaya mereka menunda waktu berlayar.

"Kalaupun memang terjadi cuaca ektrim di perairan Palabuhanratu, kita pasti akan memberikan imbuan, berdasarkan edaran dari BMKG. Kita ikuti updatenya juga dan melakukan pemantauan," pungkasnya.

Sebelumnya terjadi gelombang tinggi hingga mengakibatkan perahu fiber atau perahu nelayan hancur digulung ombak di Pantai Konservasi Penyu Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu 13 Maret 2019 kemarin, akibatnya dua orang terluka.

 

Reporter : NANDI
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Perusahaan PT Unggul Cipta Teknologi (UCT) menyerahkan bantuan alat Yukom Vessel Multi Aid (VMA) kepada nelayan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Penyerahan bantuan dilakukan di gedung aula Dinas Kelautan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hal yang pertama terpikir tentang Grand Inna Samudra Beach Hotel (GISBH) adalah sebuah hotel megah dengan fasilitas yang nyaman dan bikin tenang. Tapi ternyata tak hanya itu, sebab...

SUKABUMIUPDATE.com - Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi sudah kembali turun melaut karena Maret ini cuaca dianggap sudah bersahabat dan memasuki mulai musim ikan. "Saat ini sudah mulai ikan dan nelayan nelayan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi, akan menelusuri kejadian sejumlah kades yang mendeklarasi dukungan terhadap pasangan Capres dan Cawapres 01. Deklarasi tersebut diketahui dalam sebuah video berdurasi 29...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya