Menu

03 Peb 2019, 19:37 WIB

10 Tahun Menjabat, Ketua RT di Sukaraja Sukabumi Tinggali Rutilahu

Penghuni rutilahu, Adang Jaenudin (60 tahun), 10 tahun menjabat Ketua RT 04/01 Kampung Sukaraja, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Iwan Akar

SUKABUMIUPDATE.com - Kurang lebih sudah 10 tahun, Adang Jaenudin (60 tahun) menjabat sebagai Ketua RT 04/01 Kampung Sukaraja, Desa Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, dan selama itu pula ia tinggal di dalam rumah tak layak huni (rutilahu).

Di dalam bangunan semi permanen yang luasnya hanya 4x6 meter persegi itu, Adang tinggal bersama sang istri Tuti Haryati (50 tahun) dan dua orang anak yang masih kecil.

Pantauan di lokasi, nampak atap rumah nyaris ambruk, tiang penyangga miring, genteng sudah bolong-bolong serta langit-langit rumah sudah tak berbentuk dan bangunan sudah lapuk dimakan usia.

"Kami hanya bisa pasrah pada keadaan. Usaha warung kecil hanya bisa untuk biaya makan. 10 tahun jadi RT, ya begini-begini saja," kata Adang kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/2/2019).

Bukan tak berupaya, Adang mengaku sudah beberapa kali mengajukan bantuan kepada pemerintah, melalui pemerintah desa. Bahkan sudah lima kali pengajuan. Namun belum kunjung ada realisasi.

BACA JUGA: Dihuni 10 Jiwa, Rutilahu di Kebonpedes Sukabumi Butuh Uluran Tangan

"Terpaksa saya bertahan dirumah reyod ini. Sementara anak dan istri kalau malam, terpaksa mengungsi ikut tidur di adiknya. Kalau di rumah ini takut ambruk," lanjut Adang.

"10 tahun jadi Ketua RT di Kampung Sukaraja Sukabumi, bosan saya sudah beberapa kali mengajukan perbaikan Rutilahu tapi belum juga ada tindak lanjutnya," tandasnya.

Reporter : IWAN AKAR
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penelitian menunjukkan 8 persen pasien COVID-19 di Wuhan, Cina, menderita sakit kepala. Dilansir dari tempo.co, ini menunjukkan sakit kepala merupakan salah satu gejala yang diderita oleh...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah pusat mewajibkan masyarakat menggunakan masker jika berpergian ke luar rumah. Hal itu sesuai rekomendasi dari WHO (World Health Organization) sebagai upaya pencegahan Virus Corona atau Covid-19...

SUKABUMIUPDATE.com - Satu unit rumah semi permanen di Kampung Cijumre RT 02/03 Desa Citanglar, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ludes terbakar pada Senin (6/4/2020) malam sekitar pukul 19.30 WIB. Informasi yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi corona melanda berbagai negara di belahan dunia. Dilansir dari tempo.co, hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Penyakit...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya