Menu

Rabu, 02 Januari 2019, 18:52 WIB

PVMBG Jabar: Tolong Bedakan Prediksi Dengan Potensi

Lokasi bencana longsor di Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Selasa (1/1/2018) pagi. | Sumber Foto:Suhendi

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Indonesia masih mudah menelan mentah-mentah informasi keliru tentang bencana alam yang kerap terjadi. Penggunaan kata Prediksi dengan Potensi yang digunakan beberapa media pun berpengaruh terhadap pemahaman masyarakat terkait fenomena bencana alam ini.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi PVMBG Badan Geologi, Sri Hidayati menjelaskan media harus berhati-hati dalam menginformasikan tentang bencana alam, baik itu gempa bumi, tsunami, ataupun longsor.

Lanjutnya, hal tersebut bisa memicu salah faham baik dari pihak yang mempunyai tanggung jawab dalam hal kebencanaan seperti PVMBG atau BMKG, dengan masyarakat.

“Kalau prediksi, itu akan terjadi dan pasti, contohnya bisa besok atau beberapa menit ke depan. Kalau potensi kan belum tentu terjadi, tapi pasti itu tersimpan,” terangnya saat dihubungi sukabumiupdate.com, Rabu (2/1/2019).

Sri menuturkan, pentingnya pemahaman tentang komunikasi sains baik dari pihak PVMBG atau BMKG lalu ke media dan dilanjutkan ke masyarakat.

BACA JUGA: Kata PVMBG dan Ahli Soal Sebab Longsor di Sukabumi

Menurut Sri, masyarakat perlu mengetahui informasi tentang potensi bencana alam di Indonesia ini. Hal itu akan berguna mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya bencana alam dengan melakukan sejumlah metode mitigasi sejak dini.

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemangku adat dan warga kasepuhan Sirna Resmi berduka cita atas kejadian longsor Sukabumi yang terjadi, Senin petang, 31 Desember 2018. Longsor tersebut menimbun Kampung Cigarehong. Pemangku adat atau kasepuhan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei meminta pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk mengkaji dan menyiapkan lahan relokasi, karena menurutnya area yang tertimbun longsoran saat ini...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya