Menu

Rabu, 02 Januari 2019, 16:47 WIB

Emil akan Pindahkan Kampung Cimapag Cisolok yang Hancur Tergerus Longsor

Gubernur Jawa Barat , Ridwan Kamil di damping Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengunjungi longsor Cigarehong Desa Sirna Resmi Kecamatan Cisolok. | Sumber Foto:Demmy Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana akan terjun langsung membangun dan memindahkan Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi yang terkena bencana longsor. Emil sapaan Ridwan Kamil juga akan memfasilitasi pendidikan untuk anak yatim-piatu korban bencana longsor.

"Untuk satu minggu kedepan akan difokuskan dulu pencarian dan evakuasi," ujarnya kepada awak media saat mengunjungi lokasi bencana tanah longsor Cisolok di dampingi Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Rabu (2/1/2019).

Selain akan melakukan upaya relokasi, kata Emil Pemprov Jabar berjanji akan menyiapkan program penanaman pohon. "Yang penting seluruhnya terselamatkan, masyarakat di sini sangat menjujung tinggi adat," imbuhnya.

Menurut Emil,  Jawa Barat termasuk daerah yang memiliki kerawanan longsor yang tinggi. Secara geografis, kata dia Jabar Utara dan Selatan yang rawan terjadinya longsor, karena kontur daerahnya miring dan curam.

"Sebenarnya rumah-rumah disini sudah sesuai dengan kearifan lokal Jawa Barat, namun mungkin karena kurangnya pohon untuk serapan air sehingga rawan longsor," paparnya.

BACA JUGA: Tim SAR Temukan Potongan Tubuh di Lokasi Longsor Cisolok Sukabumi

Emil menyampaikan turut bela sungkawa dan berduka cita atas kejadian bencana longsor Cisolok. "Innalillahi wa'inailahi Roji'un. Saya Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, mengucapkan bela sungkawa atas musibah ini.

Masyarakat yang terkena musibah dan selamat dapat ikhlas menjalani musibah, dan mendoakan anggota keluarganya yang meninggal. agar meninggal dalam keadaan Khusnul Khotimah. Yang belum ketemu kita cari bersama, para petugas dari TNI, Polri, Relawan juga jangan lupa berdoa, dan ibadah," pungkasnya.

Reporter : DEMMY PRATAMA
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemangku adat dan warga kasepuhan Sirna Resmi berduka cita atas kejadian longsor Sukabumi yang terjadi, Senin petang, 31 Desember 2018. Longsor tersebut menimbun Kampung Cigarehong. Pemangku adat atau kasepuhan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei meminta pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi untuk mengkaji dan menyiapkan lahan relokasi, karena menurutnya area yang tertimbun longsoran saat ini...

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Indonesia masih mudah menelan mentah-mentah informasi keliru tentang bencana alam yang kerap terjadi. Penggunaan kata Prediksi dengan Potensi yang digunakan beberapa media pun berpengaruh terhadap pemahaman...

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan penghubung Desa Cikadu dengan Desa Buniwangi di Kampung Sindanghayu RT 04/07 Kecamatan Palabuhanratu, amrol diakibatkan hujan deras. Sehingga satu-satunya jalan penghubung dua desa tersebut terputus. Longsor tebing...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya