PMI Kota dan Kabupaten Sukabumi Berangkatkan Personel ke Lokasi Tsunami Selat Sunda

Minggu 23 Desember 2018, 12:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota dan Kabupaten Sukabumi mengirimkan personel untuk menjalankan misi kemanusiaan pasca tsunami di Selat Sunda pada Sabtu (22/12/2018) malam. Seperti diketahui, bencana tersebut mengakibatkan puluhan nyawa melayang. Bahkan beberapa korban dinyatakan hilang.

Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr Hondo Suwito memaparkan, tim PMI Kabupaten Sukabumi diberangkatkan menggunakan satu mobil resque, lengkap dengan sejumlah peralatan dan perlengkapan khusus penanganan pasca bencana. Diantaranya, helm resque, satu tas kit pertolongan pertama, tandu alumunium, pelampung dan alat lainnya.

"Ada empat orang yang diberangkatkan. Kita rencanakan personel menjalankan misi di sana selama dua atau tiga hari. Setelah tiga hari itu, kita evaluasi apakah akan diperpanjang atau tidak," ungkap Hondo saat diwawancarai sukabumiupdate.com usai melepas pemberangkatan.

Pelepasan tim PMI Kota Sukabumi menuju lokasi bencana Tsunami Selat Sunda. |Sumber Foto: Herlan Heryadie.

Hondo menambahkan, masing-masing personel memiliki keahlian berbeda dalam penyelamatan. Ada personel spesialis water rescue, spesialis Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), serta keahlian lainnya yang nantinya akan berguna untuk misi kemanusiaan di lokasi bencana.

"Sesampainya di lokasi, kita terus jalin komunikasi. Mereka juga akan mendata bantuan apa saja nanti yang dibutuhkan di sana. Untuk sekarang, kita kirim dulu 50 dus air mineral untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kalau masih membutuhkan bantuan, akan kita kirimkan bantuan tahap selanjutnya," imbuh Hondo.

Kendati personelnya menjalankan misi untuk membantu orang lain, namun ia berharap para personel PMI Kabupaten Sukabumi tetap bisa menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya sendiri terlebih dahulu, sehingga misi kemanusiaan bisa berjalan maksimal.

"Untuk teman-teman yang bertugas, saya berpesan, tetap keselamatan itu nomor satu. Dalam menjalankan misi kemanusiaan ini, tetap jaga kondisi masing-masing, tetap kompak, tetap berdoa dan selalu ingat pada Tuhan Yang Maha Esa," pungkasnya.

BACA JUGA: Data Korban Tsunami di Selat Sunda Terkini: 222 Orang Meninggal Dunia

Di tempat terpisah, PMI Kota Sukabumi juga memberangkatkan lima personel berikut satu unit mobil ambulans, obat-obatan dan sejumlah pakaian layak pakai ke lokasi terdampak bencana tsunami. Pemberangkatan dilakukan dari dari Kantor PMI Kota Sukabumi, Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

"Pertama mereka akan berkoordinasi dengan petugas setempat. Nanti mereka akan menentukan di mana mereka akan bertugas. Dimana mereka akan ditugaskan. Apakah di sekitar Tanjung Lesung, Pantai Carita, atau di tempat yang lain. Mudah-mudahan kami bisa ikut membantu meringankan beban kaitan dengan bencana di Banten," ungkap Wakil Ketua PMI Kota Sukabumi, Fifi Kusumawijaya kepada sejumlah awak media disela-sela pelepasan.

Ia menambahkan, personel yang diberangkatkan sudah terlatih untuk membantu penanganan pasca bencana. Mereka akan ditugaskan selama kurang lebih satu hingga tiga minggu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Rahmat Tamatan SD, Menyoroti Lingkaran Sosial Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi

Lingkaran sosial budaya dan pendidikan di lingkungan Rahmat Pembunuh Ibu Kandung jadi perhatian serius Forkopimcam Kalibunder Sukabumi.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)