Penjelasan Dinkes Kota Sukabumi Soal Sintia Bella, Bocah Pengidap Cerebral Palcy

Selasa 27 November 2018, 11:50 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi mengaku sudah menangani Sintia Bella, bocah berusia delapan tahun pengidap penyakit Cerebral Palcy asal Kampung Kubang RT 04/16, Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, sejak tahun 2017 lalu.

Kepala Dinkes Kota Sukabumi, dr Ritanenny Edlien Silyena Mirah menyebut, pihaknya melalui puskesmas di Kota Sukabumi sudah memiliki catatan kasus-kasus penyakit yang diderita warga Kota Sukabumi termasuk Sintia Bella.

"Ini kan kasus lama akibat adanya infeksi otak," kata Ritanenny kepada sukabumiupdate.com, di ruang kerjanya, Selasa (27/11/2018) siang.

Ritanenny menjelaskan, secara medis Cerebral Palsy yang dialami Sintia Bella sudah masuk sequeleae atau keadaan akhir. Kondisi tersebut merupakan dampak dari berbagai penyakit kronis yang mengakibatkan infeksi otak. Kondisi tersebut, juga efek dari perkembangan pada masa kecil. Meski demikian, lanjut Ritanenny, masih banyak hal yang bisa menjadi penyebab infeksi otak.

"Kita di dunia kesehatan ini ada tata laksana. Jadi kalau ditanya apakah ada harapan sembuh, kita tidak bisa memberikan harapan tersebut. Makannya disini ada perawatan. Karena disini dia pasti ada ketergantungan terhadap orang lain. Itulah pentingnya imunisasi, atau tata laksana pelayanan kesehatan lainnya," ujarnya.

Ritanenny menyebut, kasus semacam ini yang menjadi alasan Dinkes Kota Sukabumi gencar melakukan upaya promotif dan preventif. Agar kasus serupa tak terulang kembali. Upaya yang dilakukan melalui sosialisasi, penyuluhan atau pembekalan kepada ibu hamil, sampai kepada ibu yang baru melahirkan.

BACA JUGA: Sintia Bella, Penderita Cerebral Palcy di Lembursitu Sukabumi Menanti Uluran Tangan

"Karena kalau kondisinya sudah terinfeksi seperti itu, pasti ada ketergantungan. Ini sebenarnya masalah sosial. Karena kasus seperti ini biasanya dialami keluarga yang tidak mampu. Kita perlu beberapa sektor, bukan hanya Dinas Kesehatan. Karena kondisinya ada di keluarga tidak mampu, ini jadi beban. Nah, kalau sudah bebannya seperti ini, sebenarnya ikut juga terbebani pemerintah. Ini jadi catatan juga buat Dinas Sosial," ujarnya.

Agar tak kembali muncul kasus seperti Sintia Bella, untuk aspek pelayanan kesehatan, pihaknya sudah memiliki program Home Care, besutan Kota Sukabumi dan Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PISPK), yang merupakan program nasional besutan Pemerintah Pusat.

"PISPK sendiri di Kota Sukabumi sudah ada penanggung jawab. Melalui program ini, kita lakukan pendataan, memotret kondisi kesehatan masyarakat. Alhamdulillah kita terbaik se-Jawa Barat. Nah, untuk kasus ini bisa juga dia kontrol jalan di rumah sakit. Intervensi kita itu bagaimana cara merawat dia. Bisa juga mendapat perawatan fisioterapi," tandasnya

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 14:16 WIB

10 Tahun Alami Kebutaan, Titin Hidup Sebatang Kara Huni Rumah Reyot di Surade Sukabumi

Kehidupan Titin sangat memperihatinkan, hidup sebatang kara dan mengalami kebutaan. Titin sudah hampir 10 tahun tak bisa melihat.
Titin (56 tahun), dan kondisi rumahnya yang sudah lapuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi23 April 2024, 14:09 WIB

Ada di Utara Sukabumi, Kapolres Soal Potensi Terorisme yang Harus Diwaspadai

Polres Sukabumi telah beberapa kali melakukan penangkapan terduga teroris.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Aplikasi23 April 2024, 14:00 WIB

Cara Perpanjang SIM Secara Online: Begini Tata Cara, Syarat dan Biayanya

Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis.
Ilustrasi. Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis. | Foto: Istimewa
Science23 April 2024, 13:51 WIB

Mengapa Terkadang Ada Bau Tanah Saat Hujan? Ternyata Ini Alasannya!

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa faktor yang mempengaruhi bau tanah pada saat hujan turun, dari proses dekomposisi tanaman hingga senyawa geosmin.
Ilustrasi. Air hujan. Sumber Foto : Pixabay/sunnySS2
Sukabumi23 April 2024, 13:30 WIB

Perkuat Pencegahan Korupsi, Pemkot Sukabumi Rapat Koordinasi dengan KPK

Rakor ini untuk memperkuat komitmen dan strategi pencegahan korupsi di Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Sekda Dida Sembada mengikuti Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II secara virtual pada Selasa (23/4/2024) di Setda Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life23 April 2024, 13:30 WIB

5 Bahaya Kebiasaan Memendam Emosi Terhadap Kesehatan, Segera Berhenti!

Memendam emosi rupanya tidak baik bagi kesehatan, sehingga perlu diwaspadai untuk menghindari kebiasaan demikian.
Ilustrasi. Bahaya memendam emosi bagi kesehatan. Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley
Kecantikan23 April 2024, 13:15 WIB

Mengapa Tangan Lebih Mudah Kusam Dibandingkan Wajah?

Tangan cenderung terpapar sinar matahari secara lebih langsung dan intensif daripada wajah. Itulah Mengapa Tangan Lebih Mudah Kusam Dibandingkan Wajah.
Ilustrasi. Wajah kusam. Sumber Foto : Pixabay/beautyG
Sehat23 April 2024, 13:00 WIB

Rahasia Sehat Bebas Asam Urat: 13 Tips Mengatasinya dengan Cara yang Alami

Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 12:54 WIB

Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi Apresiasi Pemkab Soal Inovasi Pembangunan

Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengapresiasi capaian pemerintah daerah dalam inovasi pembangunan
Deni Gunawan, Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Sy
Life23 April 2024, 12:30 WIB

6 Cara Cerdas Menghindari Kemiskinan dan Kehidupan Sengsara di Hari Tua

Menghindari kemiskinan adalah keharusan agar kelak meraih kehidupan yang layak dan tentram daripada kehidupan melarat.
Ilustrasi. Cara menghindari kemiskinan. Sumber Foto : Pexels/MART PRODUCTION