Light Dark

Longsor Putuskan Akses Jalan di Curugkembar Sukabumi

Sukabumi | 12 Nov 2018, 10:22 WIB
Kondisi jalan yang terputus akibat longsor di Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Akses jalan utama di Desa Mekartanjung, Kecamatan Curug Kembar, Kabupaten sukabumi terancam lumpuh akibat tergerus longsor. Lima rumah yang berada di sekitar jalan juga terancam.

Dari informasi yang dihimpun sukabumiupdate.com, kondisi terparah dampak longsor berada di RT 6 RW 2, Dusun Tirtabakti, Kampung Pasirgede 1, Desa Mekartanjung. Sebagian besar badan jalan terdampak longsor, transportasi pun lumpuh.

Kepala Desa Mekartanjung, Rudi Kuswara, mengatakan sementara ini pihaknya beserta warga bergotong-royong membersihkan material longsor yang menghalangi akses jalan utama.

BACA JUGA: TPT Jebol, Sejumlah Rumah di Cikidang Sukabumi Teracam Longsor

"Ada dua titik jalan yang mengalami longsor cukup parah, yang satunya sangat parah karena memutuskan hampir 3/4 jalan," ungkap Rudi, Senin (12/11/2018).

Di sisi lain, Rudi menyebut wilayahnya sering mengalami musibah longsor setiap tahun. Namun belum pernah mendapat bantuan dari pemerintah daerah.

"Kejadian tahun kemaren longsor dan jembatan putus di RT 4 RW 2 belum mendapatkan perhatian. Sedangkan pihak pemerintah desa tidak mampu memperbaiki karena masih ada skala prioritas dan jika menggunakan dana desa harus melalui Musrembangdes," tutur Rudi.

BACA JUGA: Jembatan Penghubung dan Bangunan Sekolah Terancam Ambruk di Kalibunder Sukabumi

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman, mengatakan pihaknya segera turun dan melakukan tindakan ke 12 titik bencana yang sudah masuk dalam daftar laporannya.

"Anggota kami sangat terbatas jadi kami butuh waktu untuk menyelesaikan semua. Namun saat ini kami sudah mulai menurunkan alat berat ke titik bencana," pungkas Eka.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

DEMMY PRATAMA

Reporter