Menu

Kamis, 13 September 2018, 14:58 WIB

Sopir Bus Maut di Cikidang Terancam 12 Tahun Penjara

Kondisi Muhamad Adam, sopir bus kecelakaan maut di Cikidang, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com - Muhammad Adam (26 tahun), sopir bus wisata yang mengalami kecelakaan maut di turunan letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, sudah ditetapkan sebagai tersangka. Ia diancam dengan pasal berlapis dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi dalam rilis pers penanganan perkara bus maut tersebut di Mapolres Sukabumi, Kamis 13 September 2018.

"Jika nanti dalam proses penyidikan ditemukan bukti yang mengarah pada kesengajaan, misalnya terkait ada tidaknya upaya untuk menyelamatkan penumpang. Yang bersangkutan bisa dikenakan pasal 311 UU 22 2009 (Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, red)," kata Nasriadi.

BACA JUGA: Sopir Bus Maut di Cikidang Sukabumi Tak Punya SIM

"Ancamannya 12 tahun penjara," tambahnya.

Adam juga dijerat dengan pasal 310 UU 22 2009, terkait kelalaian yang mengakibatkan orang meninggal dunia. Seperti diketahui, Ia mengemudikan bus tanpa memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang memadai.

BACA JUGA: Polisi Tetapkan Sopir Bus Maut di Cikidang Sukabumi Sebagai Tersangka

"Kalau pasal itu ancamannya 6 tahun," tutur Nasriadi.

Adapun terkait tidak adanya SIM, hukumannya hanya dikenakan tipiring. Nasriadi juga belum bisa memastikan ada tidaknya tersangka lain dalam perkara ini.

"Kami masih menginput data-data dan keterangan-keterangan baik dari pengurus, pemilik pul Bus dan pihak manajemen. Ada atau tidaknya tersangka lain, nanti kami akan kabarkan kembali," pungkasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Pasca kecelakaan bus di turunan letter S, Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, jalur Cikidang ditutup untuk bus sementara waktu. Penutupan sementara ini dilakukan berdasarkan kesepakatan Kementerian...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPR RI akan mendorong keberadaan koperasi syariah masuk ke dalam undang-undang (UU) tentang koperasi. Hal itu dilakukan agar kehadiran koperasi syariah memiliki payung hukum yang jelas. Anggota Komisi...

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Kesenian Kota Sukabumi (DKKS) bersama sejumlah komunitas seni dan budaya tengah mempersiapkan hadiah istimewa perayaan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang. DKKS menegaskan pertunjukkan seni budaya...

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Adjo Sardjono melakukan peninjauan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal  Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2018 yang dipusatkan di Lapangan olah raga Desa Bantaragung Kecamatan Jampangtengah,...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved