Menu

Senin, 20 Agustus 2018, 17:12 WIB

DLH Kabupaten Sukabumi Tinjau IPAL Perusahaan Tambang Kuarsa, Ini Hasilnya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Abdul Qodir saat melakukan peninjauan IPAL ke PT GWP. | Sumber Foto:Saepul Ramdani

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, melakukan pemantauan kolam pengendapan Intalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) perusahaan tambang pengolahan pasir kuarsa PT Gunung Walat Perkasa (GWP), di Kampung Benda, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Senin (20/8/2018).

Kepala DLH, Abdul Qodir menuturkan, progresnya lumayan bagus. Intinya perusahaan kooperatif dalam perbaikan sistem.

Menurut dia, PT GWP sudah memiliki izin terkait pertambangan atau izin usaha tambang yang didalamnya, berupa penambangan, pengangkutan, penjualan, pengolahan dan pemurnian.

"Semua izin sudah punya, namun kemarin revisi Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL)," ungkapnya.

Lebih lanjut, Qodir mengungkapkan DLH tidak menutup sementara perusahaan, hanya saja perusahaan inisiatif menghentikan sementara karena sedang dalam progres pembuatan IPAL.

"Kita tidak punya kewenangan untuk menghentikan. Apalagi ini izinnya ada, kalaupun tidak ada itu kewenangan Dinas ESDM Provinsi," jelasnya.

BACA JUGA: Buktikan Sungai Cimahi Sukabumi Tak Tercemar, Perusahaan Kuarsa Lepas 1 Kwintal Ikan

Terpisah, Komisaris PT GWP,  Elis Farida mengatakan, Perusahaannya memang berinisiatif menghentikan sementara aktifitas pencucian pasir, karena sedang melakukan pembuatan bak penampungan limbah.

"Kurang lebih selama 12 hari kita liburkan karyawan. Kita membuat bak penampungan yang panjangnya 90 meter, lebar belakang 19 meter dan lebar depan 3 meter serta kedalaman 4 meter, itupun progres dari DLH," ujarnya.

Reporter : SAEPUL RAMDANI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan bekerjasama dengan STIE PGRI Sukabumi serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar sosialisasi peran LPS Dalam Sistem Perbankan Nasional di Gor Kampus...

SUKABUMIUPDATE.com - Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 sebanyak 228.956 jiwa, terdiri dari 113.647 pemilih laki-laki dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi kesehatan Siti Aisyah (16 tahun) warga Cijambe, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, semakin membaik di hari kelima perawatan di RSUD Palabuhanratu. Hal itu diungkapkan Cucum (55...

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73, Persatuan Warga Pasar (Perwapas) Cibadak Kabupaten Sukabumi menggelar sejumlah perlombaan unik yang dipusatkan di...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved