Menu

15 Jul 2018, 16:01 WIB

Kemarau, Warga Desa Sekarwangi Sukabumi Antri Dapatkan Air Bersih

Warga mengambil air dari mata air Cikiwultonggoh. | Sumber Foto:Saepul Ramdani

SUKABUMIUPDATE.com - Sumur milik warga Kampung Cikiwullebak, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak mulai kering akibat kemarau yang terjadi saat ini. Warga pun harus mengambil air bersih dari mata air Cikiwultonggoh yang jaraknya lumayan jauh.

Warga Kampung Cikiwullebak, Asep suryana (50 tahun) menuturkan, dalam hitungan beberapa minggu saja kemarau, air di sumur warga akan cepat mengering.

BACA JUGA: Gempa Guncang Sukabumi, Berpusat di Lebak Banten

"Memang sudah langganan, jadi kita mengambil air di mata air cikiwul tonggoh," ujar Asep.

Dalam sehari, Asep dan warga lainnya mengambil air hingga dua kali di mata air tersebut untuk menutupi kebutuhan memasak dan mencuci piring.

MCK yang ada di dekat sumber mata air Cikiwultonggoh. |Sumber Foto: Saepul Ramdani

Sedangkan untuk mandi dilakukan di MCK di dekat sumber air ini. Namun, Asep mesti mengantri karena warga dari tiga kampung lainnya yaitu Cikawultonggoh, Cigereji dan perumahan bantarmuncang  juga mengambil air dari mata air tersebut.

"Warga dari empat kampung semua mengambil air kesini, makanya suka ngantri meskipun agak sedikit mengantre," jelasnya.

Musim kemarau juga menyebabkan petani di kampung Cikiwullebak kesulitan menanam padi dan pemilik kolam ikan pun mengalami hal serupa karena debit air dari saluran irigasi berkurang.

"Biasanya nggak terlalu kekeringan seperti ini, hanya tahun ini saja yang parah. Semoga saja cepat ada solusi dari pemerintah agar masalah kekeringan dapat diatasi," ujar Supendi (37 tahun) petani.

Reporter : SAEPUL RAMDANI
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Memperingati Hari Sepeda Sedunia, Gerakan Bike to Work (B2W) Indonesia mengeluarkan protokol kesehatan dalam bersepeda untuk mencegah Covid-19 di era new normal. "Hari sepeda sedunia ini B2W tidak...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan penambahan pasien baru Covid-19 hari ini, Rabu, 3 Juni 2020, mencapai 684 orang. "Sehingga total menjadi 28.233 kasus," kata...

SUKABUMIUPDATE.com - Setidaknya 127 wartawan di 31 negara di dunia meninggal setelah terinfeksi virus corona dalam tiga bulan terakhir. Lembaga nirlaba yang bermarkas di Jenewa, Swiss, Press Emblem Campaign...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut insentif bagi tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 baru cair Rp 10,45 miliar dari total Rp 5,6 triliun. Dia menjelaskan dana Rp 10,45...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya