Menu

11 Jul 2018, 20:44 WIB

Cerita Pemecah Batu Asal Ciemas Sukabumi Ikut Program Transmigrasi

Karnudin (64 tahun) pemecah batu asal Ciemas Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Karnudin (64 tahun) warga Kampung Cilangkob, Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, awalnya tinggal di Pontianak, Kalimantan Barat 1998 silam. Dirinya berada di Pontianak karena mengikuti program dari pemerintah yaitu transmigrasi.

Di Kampung Kadukul, Kecamatan Belitang Ulu, Kabupaten Sanggau, Pontianak, Karnudin dan 14 Kepala Keluarga (KK) lainnya sudah disediakan rumah kavling ukuran 6 x 6 meter dan tanah seluas 2 hektar untuk di tanami kelapa sawit.

"Kami bersama 14 KK lainnya yang berasal dari Jawa Barat, ikut program pemerintah yaitu transmigrasi ke Pontianak, Kalimantan Barat, sekitar tahun 1998 kalau di rumah dokumennya masih ada, " kata Karnudin disela istrirahat dari pekerjaanya sebagai pemecah batu di Sungai Cibeuleungbeng, Rabu (11 /7/2018).

BACA JUGA: Dua WNA Asal Tiongkok Dideportasi, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi: Bukan TKA Ilegal

Ayah empat anak ini sebenarnya merasa betah di Pontianak, namun kondisi keamanan saat itu membuat mereka pulang ke Jawa Barat. Suami dari Komariah ini pun harus pulang ke Jawa Barat dan menjual kebun sawitnya.

"Kami hampir empat tahun disana, mengolah kebun kelapa sawit sampai lahan dan rumah tersebut keluar sertifikat nya atas nama kami namun kendalanya keamanan sehingga kami pulang pada tahun 2002. Sehingga kami harus rela menjual lahan kebun sawit dan rumah dengan harga Rp 25 juta,"pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Berakhirnya penyekatan akses masuk wisata Pantai Ujung Genteng dan Pantai Pangumbahan bukan berarti sejumlah destinasi wisata di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dibuka bebas.  Camat Ciracap, Deden Sumpena mengatakan...

SUKABUMIUPDATE.com -  MotoGP Jepang tahun ini telah menjadi seri keenam yang secara resmi dibatalkan. Mulanya balapan di Sirkuit Motegi akan diadakan pada 18 Oktober, antara Thailand GP dan Malaysian...

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah merasa kehilangan motivasi tentang pekerjaan Anda, lalu tak dapat menyelesaikannya dengan baik? Mungkin sekarang saatnya Anda mengganti pekerjaan.  Karier saat ini mungkin memberi Anda gaji yang layak,...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki Juni 2020, sejumlah drama Korea baru siap hadir menyapa penonton. Tentunya menawarkan berbagai genre dan cerita menarik. Bukan hanya dari plotnya saja, tapi drama Korea yang bakal...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya