Light Dark

Puncak Acara Seren Taun Kampung Adat Sinar Resmi Sukabumi Siap Digelar

Sukabumi | 07 Jul 2018, 10:18 WIB
Suasana peraiapan upacara adat di Lapangan Kasepuhan Sinar Resmi. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Puncak acara adat Seren Taun di Kampung Sinar Resmi, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi siap digelar. Sejumlah pentas kesenian tradisional akan disuguhkan.

Panitia Acara Seren Taun Kasepuhan Sirna Resmi, Saragosa Gia (28 tahun) mengatakan, rangkaian kegiatan tahun ini dimulai sejak Jumat 6 Juli. Puncak acara seren taun akan digelar Minggu 8 Juli besok.

"Insya Allah puncak acara siap digelar, kesiapannya hampir matang 90 persen lebih. Semuanya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari" ujar Saragosa Gia ditemui sukabumiupdate.com, Sabtu (7/7/2018).

Gelaran pentas kesenian akan digelar di lapangan Kasepuhan Sinar Resmi. Beberapa kesenian tradisional yang akan ditampilkan diantaranya debu, laes, tari tani, pencak silat, dan ditutup dengan ampih pare ka leuit.

BACA JUGA: Gelombang Tinggi Sapu Perairan Selatan Sukabumi, BMKG Minta Nelayan Waspada

Upacara adat seren taun kali ini diprediksi akan lebih meriah dan disaksikan banyak orang. Pengunjung tidak hanya datang dari sekitar Sukabumi dan kota-kota lainnya. Ada pula pengunjung dari manca negara.

"Insya Allah lebih banyak yang kan hadir, terutama warga sekitar. Bahkan ada tamu yang sudah datang dari luar negeri seperti Belanda, Prancis, Amerika. Mereka datang inisiatif sendiri mungkin melihat," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter