Ini Kabar Terbaru dari Anak Mantan Wabup Sukabumi yang Ingin Jual Ginjal Demi Pengobatan Sang Ibu

Sabtu 12 Mei 2018, 09:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Masih ingat informasi viral dari anak almarhum mantan Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi yang ingin menjual ginjal demi pengobatan sang ibu. Bagaimana kabar terbarunya? 

Kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (12/5/2018) melalui pesat WhatsApp, Reza Adiwilaya menginformasikan bahwa kondisi ibunya, Nita Suryati Jajuli makin membaik.

"Alhamdulilah kondisi mamah makin membaik setelah operasi. Udah sadar tidak lagi diruang ICU," jelas putra sulung almarhum Ahmad Jajuli, mantan Wakil Bupati Sukabumi periode 2005-2010 ini.

BACA JUGA: Anak Mantan Wakil Bupati Sukabumi Mau Jual Ginjal untuk Biaya Pengobatan Ibunya

Walaupun masih harus mengenakan slang khusus bantuan pernafasan dileher, kondisi Nita Suryati Jajuli ungkap Reza terus berangsur sehat. Ia mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras manajemen dan tim medis rumah sakit Kawaluyaan Padalarang yang sudah berjuang keras merawat ibunya.

"Selain itu saya juga ingin mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang ikut membantu kami. Tadinya saya sendiri sudah bingung untuk biaya perawatan mamah, karena memang tidak tercover BPJS," lanjut Reza.

Ia menjelaskan obat yang digunakan tidak sesuai formularium dari Kementrian Kesehatan RI. "Jadi seluruh pembiayaan dari awal sampai saat ini murni menggunakan jalur umum. Karena waktu itu pengurusan BPJS nya juga lebih dari 3 kali 24 jam. Sesuai aturan BPJS tidak bisa digunakan karena kartu BPJS lamanya sempat hilang," sambung Reza.

Saat itulah, Reza sempat kebingungan untuk mencari dana pengobatan ibunya yang memang memerlukan uang tidak sedikit. Pria ini sempat memposting rencana jual ginjal melalui media sosial, yang kemudian viral dan menjadi bahan perbincangan di dunia maya.

"Alhamdulilah ada solusi dari berbagai pihak. Saya nggak jadi jual Ginjal," tegasnya.

Atas nama keluarga besar, Reza berterima kasih pada warga dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, khususnya Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Adjo Sardjomo yang sudah menginisiasi bantuan untuk Nita Suryati Jajuli. Ucapan terima kasih juga disampaikan Reza untuk kalangan ASN di Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA: DPRD Akan Bantu Keluarga Mantan Wabup Sukabumi

"Alhamdulillah sejauh ini banyak bantuan dari berbagai pihak, termasuk dari Pemkab Sukabumi juga yangg baru selesai penggalangan dana. Saya dapet info mungkin senin atau selasa ini katanya mau di berikan langsung," sambung Reza.

Ia juga berterima kasih atas bantuan dan doa dari netizen seluruh Indonesia, yang menanggapi aksi nekatnya untuk jual ginjal. Reza juga menyampaikan hal yang sama, untuk warga Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Kepahiang serta Kabupaten Rejang Lebong.

"Dulu almarhum papah saya dulu kerja disana, perhatiannya luar biasa sumbangsihnya terus mengalir baik moril dan juga materil untuk kesembuhan mamah saya, serta keluarga dan kerabat dekat," pungkasnya.

BACA JUGA: Pengurus Perwosi Kabupaten Sukabumi Jenguk Istri Mantan Wakil Bupati

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengirimkan data bantuan yang sudah terkumpul untuk segera dikirimkan kepada keluarga almarhum Ahmad Jajuli, sebagai donasi pengobatan istri Nita Suryati Jajuli.

"Asslmkm..ijin melaporkan perolehan partisipasi sementara sampai dg Hari Jumat tgl 11 Mei 2018, untuk Ibu Nita Jajuli sbb: 1.Sekertariat Daerah sebesar Rp 15.000.000, 2.Perangkat Daerah sebesar Rp 63.000.000, 3.Kecamatan sebesar Rp 39.500.000, Total sebesar Rp 117.500.000. Itu info dari Kabag Kesmasy Setda (ibu Gelora), barusan ada tambahan lagi masuk 2 jt, jadi total 119,5 jt," tulis Adjo dalam pesan WhatsApp kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (12/5/2018).

BACA JUGA: Marwan Siap Bantu Biaya Pengobatan Istri Mantan Wakil Bupati Sukabumi

Adjo menambahkan bahwa selain kepedulian dari anggota KORPRI, Dharma Wanita serta perangkat daerah Kabupaten Sukabumi, ada bantuan lain yang disampaikan langsung kepada keluarga almarhum Ahmad Jajuli.

"Terima Kasih kepada seluruh donatur yg sudah berpartisipasi untuk meringankan biaya pengobatan,Insya Alloh menjadi ladang amal di yaumal kiamah...Aamiin yra..," tulis Adjo lebih jauh.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Di Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malami

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup