Menu

Senin, 12 Pebruari 2018, 16:03 WIB

Terungkap ! Ini Tuntutan Para Buruh Demo Pabrik di Cibadak Sukabumi

Unjuk rasa buru di depan gerbang PT Younghyun Star I, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Saepul Ramdani

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan gerbang PT Younghyun Star I, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (12/1/2018). Alasan dibalik aksi tersebut pun terungkap.

Seperti yang dikatakan Kepala Desa Sekarwangi Anwar Syarifudin. Menurutnya para buruh mendesak pihak perusahaan untuk mengabulkan sejumah tuntutan, salah satu diantaranya mengeluarkan seorang pekerja asing dan beberapa pejabat bagian HRD pabrik. Alasannya, mereka disebut bekerja tidak profesional.

BACA JUGA: Buruh Pabrik di Cibadak Sukabumi Murka, Rekan Kerja Dipecat Sepihak

"Beberapa pejabat HRD datang ke rumah salah satu karyawan, yang juga warga sekitar, untuk melakukan pemecatan. Hal ini melanggar aturan Undang-Undang Ketenagakerjaan," ujar Anwar.

Para buruh juga tidak terima dengan perlakuan pejabat pabrik yang membentak dan memberhentikan salah seorang buruh wanita. Apalagi buruh wanita tersebut tergolong masyarakat kurang mampu.

"Warga pun akan menjaga perusahaan ini, apabila mengayomi dengan baik. Saya kades akan bekerja profesional demi warga dan perusahaan bukan tameng buat warga. Perusahaan menganggap sepele warga di sini," jelasnya.

BACA JUGA: Mediasi Demo Buruh Younghyun Star I di Cibadak Sukabumi, Perwakilan Aksi Tak Dilibatkan

Sementara itu, perwakilan karyawan, Muhamad Sopyan (30 tahun) mengatakan, ada intervensi pekerja asing terhadap yang mempengaruhi kinerja bagian HRD. Akibatnya, HRD tidak bekerja secara profesional.

"Karyawan harus 70 persen untuk warga Sekarwangi dan 30 persen warga luar. Coba pihak manajemen PT Younghyun Star bikin kondusif warga, jangan hanya menuntut etika kepada karyawan, tapi berlakukan untuk semua yang ada di perusahaan ini, tuturnya.

BACA JUGA: Rekan Dipecat Sepihak, Buruh Younghyun Star I Cibadak Sukabumi Mogok Kerja

Kapolsek Cibadak, Kompol Suhardiman meminta semua pihak memahami aturan main perekrutan dan pemutusan kontrak. Ia pun menilai, pemutusan kontrak salah satu karyawan yang dilakukan langsung di rumahnya merupakan kesalahan besar pihak perusahaan.

"Kami harapkan perusahaan dan warga sekitar membuat suasana nyaman sebagai rekanan yang saling menguntungkan.

Hingga berita ini disusun, belum ada perwakilan PT Younghyun Stas I yang mau memberikan komentar.

Reporter : SAEPUL RAMDANI
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Saepul Ramdani
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved