Menu

26 Jan 2018, 21:39 WIB

Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Gempa Bumi

Ilustrasi gempa bumi. | Sumber Foto:shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Selama empat hari terakhir, wilayah Sukabumi diguncang beberapa kali gempa yang berpusat di Lebak, Banten. Data BPBD Kabupaten Sukabumi menunjukan, 14 warga mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Jumlah korban tertimpa reruntuhan akibat gempa bisa lebih diminimalisir dengan peningkatan kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana. Terkait bencana gempa, ada tips khusus yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar menjadi korban.

BACA JUGA: Enam Desa di Cisolok Sukabumi Terdampak Gempa Lebak

Seperti yang diungkapkan Rafdi Ahadi, Staff Observasi Geofisika BMKG di Pos Observatori Geofisika Palabuhanratu.  Setidaknya ada .... hal yang harus dilakukan saat terjadi gempa.

Pertama, upayakan jangan panik. Namun, bukan berarti harus santai. Cari tempat yang aman untuk berlindung.

"Kalau berada di dalam ruangan atau rumah cari tempat berlindung seperti di kolong meja atau kerangka bangunan yang sekiranya dirasa kuat dan kokoh," ujar Rafdi Ahadi ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/1/2018).

Kemudian, bergerak lah mencari tempat aman si tempat terbuka. Jika sedang berada di gedung bertingkat, bisa melewati tangga darurat. Hindari juga melewati jalan yang rawan terjadinya benda jatuh.

"Misalnya, hindari berjalan di samping lemari, di bawah lampu penerangan dalam rumah, atau vas bunga," kata Rafdi Ahadi.

Setelah berada di ruangan terbuka, pastikan tempatnya aman dan jauh dari benda atau bangunan yang rawan roboh. Misalnya tiang listrik, baliho atau pohon.

BACA JUGA: Waduh ! Kerugian Akibat Gempa Lebak di Ciracap Sukabumi Capai Miliaran Rupiah

Apabila sedang berada di dalam kendaraan berhentilah atau hindari jalan yang masuk terowongan juga jalan yang melewati jembatan. "Ditakutkan saat kendaraan melewati terowongan atau jembatan tiba tiba ambruk," tambahnya.

Jika sedang berada di sekitar perbukitan, upayakan tidak berlindung di bawah lereng. Khawatir guncangan gempa menyebabkan longsor atau jatuhnya benda membahayakan, misalnya batu,  dari atas lereng.

"Kita tetap harus waspada saat berada di lereng perbukitan atau gunung, karena ditakutkan sewaktu waktu ada longsoran tanah akibat getaran gempa," pungkasnya

Reporter : NANDI
Redaktur : MULVI MN
Sumber : shutterstock.com
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Saat Anda ingin tidur nyenyak, maka cobalah untuk tidak mengemil cokelat pada sore hari atau sebelum tidur. Sebab, ngemil cokelat sebelum memejamkan mata bisa berefek pada kualitas...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sukabumi kembali merilis update perkembangan terbaru penanganan Covid-19, Minggu (20/9/2020). Dalam update tersebut, di akhir pekan ini tak ada laporan penambahan...

SUKABUMIUPDATE.com - Data Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 mencatat ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 3.989 pada Ahad, 20 September 2020. Hal ini membuat total kasus di Indonesia...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 89 personel Satpol PP Kabupaten Sukabumi diterjunkan dalam tim Gabungan Operasi Yustisi Covid-19. Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi Acep Saepudin, mengatakan, Satpol PP tergabung bersama TNI, Polri...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya