Menu

Kota Sukabumi Bangun Tiga Zona Pariwisata

Objek wisata pemandian air panas Cikundul. | Sumber Foto:Diana Novita Hidayat

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi, Yudi Yustiawan mengatakan, terdapat tiga Kawasan Strategis Destinasi Pariwisata (KSDP). Tiga kawasan tersebut masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan (Ripparda) Kota Sukabumi.

Tiga KSDP tersebut dibagi ke dalam tiga zona. Zona satu meliputi kawasan Jalan Siliwangi, Ir H Djuanda, dan Suryakencana. Zona dua yakni Jalan Kaswari, Kenari, dan Bhayangkara, kemudian Zona 3 yakni kawasan Agroeduwisata dan Pemandian Air Panas Cikundul.

BACA JUGA: Seperti Ini Potret Jembatan Gantung Kanopi Situ Gunung Sukabumi

Yudi Yustiawan memaparkan rencana pengembangan di tiga zona tersebut. Zona satu berpotensi untuk pengembangan wisata kreatif di bidang kuliner dan fashion. Begitupun zona dua, dengan target pengembangan berbasiskan wisata kreatif, dan wisata cagar budaya dengan sasaran pengembangan di bidang kuliner, fashion, dan bangunan heritage.

"Sedangkan zona tiga untuk pengembangan di bidang konservasi, dan wisata yang berbasis pertanian. Juga wisata berbasiskan sumberdaya alam yaitu air panas," ujar Yudi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (12/1/2018).

Saat ini, kata Yudi, Disporapar sedang mengupayakan pengembangan KSDP zona 3, dengan mimpi besar membentuk koridor wisata Baros, Lembursitu, Warudoyong, dengan Sungai Cimandiri, Cipelang, Cigunung sebagai arterinya.

BACA JUGA: Curug Luhur Sukabumi yang Wajib Dikunjungi, Dijamin Nggak Nyesel

Di Baros, terdapat wisata sejarah dan budaya bersendikan paguyuban dan museum, sanggar seni buhun Kipaharé, perpustakaan, dan perkebunan buah naga milik masyarakat.

Kemudian di Lembursitu, terdapat Taman Pemandian Air Panas (TPAP) Cikundul, bumi perkemahan bina Bumi Pakujajar Cikundul, dan Kawasan Agroeduwisata Cikundul di Kelurahan Situmekar.

"Lalu ada taman Hutan Kota Cikundul dan tempat pembuangan akhir sampah Cikundul dibawah pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Kelurahan Cikundul Kecamatan Lembursitu yang kini mulai dikembangkan sebagai tempat wisata edukasi," kata Yudi.

BACA JUGA: Genjot Wisatawan, Obyek Wisata PH 5 Sukabumi Bakal Hadirkan Tiga Wahana

Selain itu, gedung kesenian Kota Sukabumi dibawah pengelolaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong. Ruang Ekspresi Gedung Widaria Kencana (GWK) dibawah pengelolaan pribadi di Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong.

"Arung Jeram (Rafting) bisa dilakukan di Sungai Cimandiri, river tubing bisa dilakukan di Cimandiri-Cipelang-Cigunung. Kuliner khas daerahnya terdiri dari opak, ènyè, bandrek, bajigur, juice buah naga, susu murni dan lain-lain. Untuk kerajian tangan ada kerajinan bambu, lukisan pelepah pisang dan lain-lain," tutupnya.

Reporter : DIANA NOVITA HIDAYAT/Kontributor
Redaktur : MULVI MN
Sumber : Diana Novita Hidayat
E-mail Redaksi: : redaksi@sukabumiupdate.com
E-mail Marketing : marketing@sukabumiupdate.com
Komentar Anda

BERITA TERKAIT

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Kesenian Kota Sukabumi gelar Musyawarah Luar Biasa, di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Rabu (24/5) siang. Ada dua agenda yang diusung dalam muslub itu. Firman...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved