Menu

Rabu, 01 November 2017, 14:28 WIB

Ngamumule Warisan Leluhur, Pemkab Sukabumi Diminta Perhatikan Kesenian Gondang

Sejumlah anggota yang masih ada ikatan keluarga tengah memainkan seni Gondang saat menyambut tim Monev Gerakan PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat, Rabu (1/11/2017). | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com – Tim Monitoring Evaluasi (Monev) Gerakan PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Barat, disuguhi Kesenian tradisional Gondang Desa Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Rabu (1/11/2017).

Kesenian Gondang yang beranggotan sebanyak 11 orang, asal Kampung Gondang/Cibihbul, RT 07/03, Desa Waluran, asuhan Abah Amam (69 tahun) ini merupakan turun temurun.

BACA JUGA: Kesenian, Adat dan Budaya, Meriahkan Seren Taun Di Kampung Adat Kabupaten Sukabumi

Memang, kata Amam, budaya ini sudah lama terkubur, tapi seiring dengan adanya Geopark Ciletuh, maka digali dan dikembangkan lagi.

“Yang hapal seni Gondang ini anggota keluarga, semuanya satu keturunan. Keturunan ketiga dari nenek,” ujar pria yang akrab disapa Abah ini kepada sukabumiupdate.com di sela-sela kesibukannya menghibur para tamu, siang tadi.

BACA JUGA: Pesta Budaya Masayarakat Ciletuh Kabupaten Sukabumi Akan Kembali Digelar

Sementara Royanah (45 tahun), salah satu pemain Gondang mengaku sudah empat kali pentas dalam rangka promosi Geopark Ciletuh.

Menurutnya, tidak sembarang anggota bisa memainkan, semuanya harus masih satu keturunan. “Kami pun berharap ada perhatian dari Pemerintah Desa, atau kabupaten, mengenai sarana dan prasarananya, terutama kostum dan lisung,” imbuhnya dalam kesempatan sama.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : RUDI RUSMANA
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya