Ratusan Ribu Anak Sekolah se Kabupaten Sukabumi Deklarasikan Pelajar Anti Narkoba

Senin 30 Oktober 2017, 08:19 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sekitar 514.325 orang pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat serentak mendeklarasikan pelajar anti narkoba, dan tindakan kekerasan, serta pencegahan HIV/AIDS, Senin (30/10/2017).

Kegiatan yang dipusatkan di Stadion Korpri Cisaat, Kabupaten Sukabumi tersebut dilakukan juga di setiap kecamatan dan sekolah yang ada di Kabupaten Sukabumi. Baik tingkat SD hingga SMA sederajat. Bahkan, aksi tersebut mendapatkan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai deklarasi dengan jumlah terbanyak.

BACA JUGA: Pelajar Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Ikrar Anti Narkoba dan AIDS

“Aksi ini adalah langkah preventif Pemkab Sukabumi dari sejumlah bahaya yang memerlukan perhatian khusus dari seluruh elemen masyarakat. Selain itu, hal ini sebagai upaya untuk bahu-membahu dalam membantu Kabupaten Sukabumi terbebas dari bahaya narkoba, tindakan kekerasan, dan HIV/AIDS, khususnya di lingkungan pendidikan,” ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Menurut Marwan, ancaman narkoba, tindakan kekerasan, dan HIV/AIDS bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan masyarakat pun harus ikut terlibat. Apalagi hal ini menyangkut anak dan generasi bangsa.  “ Kalau program pemerintah tidak dibantu, akan sulit dalam merealisasikannya,” imbuhnya

BACA JUGA: Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Bentuk Satgas Anti Narkoba

Nantinya deklarasi ini juga akan terus dikumandangkan di setiap sekolah ketika pelaksanaan upacara setiap Senin. " Jadi nanti, setiap pelaksanaan upacara, para pelajar akan membaca deklarasi ini. Untuk menancapkan ke dalam jiwa pelajar terkait isi dari deklarasi tersebut,” jelasnya.

Sementara Kepala Sub Direktorat Lingkungan Pendidikan BNN Agus Sutanto mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Pemkab Sukabumi. Apalagi tingkat prevalensinya di kalangan pelajar dan mahasiswa saat ini cenderung meningkat.

BACA JUGA: Marak Kasus HIV AIDS, DPD KNPI Kabupaten Sukabumi Gelar Seminar Hari Kartini

"Kalau dibiarkan ini bisa membengkak. Ditambah saat ini sudah banyak narkotika jenis baru yang telah meracuni pelajar. Seperti PCC, gorila, dan thramadol,” katanya.

Ditambahkannya Hasil laporan BNN Kabupaten Sukabumi, banyak thramadol yang seharusnya ada pengawasan dokter, ternyata dijual bebas di Kabupaten Sukabumi dan menyasar pelajar.

“Oleh karena itu, deklarasi ini sangat menjawab ketakutan masyarakat akan bahaya narkoba. Dengan deklarasi ini, semua pelajar di Kabupaten Sukabumi harus terhindar dari narkoba," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Produk19 April 2024, 10:09 WIB

Data Diskumindag 19 April 2024: Ini Daftar Harga Bapokting di Pasar Kota Sukabumi

Informasi harga ini diunggah Diskumindag Kota Sukabumi di Instagram.
(Foto Ilustrasi) Diskumindag Kota Sukabumi merilis update harga sejumlah bahan pokok di Pasar Pelita dan Pasar Tipar Gede pada Jumat (19/4/2024). | Foto: Freepik