Menu

12 Agu 2017, 23:26 WIB

Seribu Terumbu Karang Ditanam di Pantai Kalapacondong Ujunggenteng Kabupaten Sukabumi

Ratusan peserta dari berbagai kelompok terlibat dalam penanaman terumbu karang di Pantai Kalapacondong Ujunggenteng. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Sekitar 300 orang peserta ikut terlibat di dalam kegiatan penanaman 1.000 terumbu karang di Pantai Kalapacondong Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (11/8/2017).

Informasi dihimpun, selain kegiatan menanam terumbu karang, juga dilakukan sosialisasi  Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP), pasca kedatangan tim asesor Unesco Global Geopark (UGG).

BACA JUGA:  SD Negeri Tegalcaringin Ciwaru Kabupaten Sukabumi Masuk Penilaian Tim Assessor UGG

Selain beberapa organisasi, seperti Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Sukabumi, Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Pos Ujunggenteng Kecamatan Ciracap, Kelompok Pengawas Masyarakat (Pokwasmas) Genteng Nusantara Ciracap, juga hadir ikut bagian sejumlah siswa SMP Negeri Tiga Ciracap, SMK Negeri Satu Surade, dan nelayan Ujunggenteng.

"Kegiatan ini selain untuk melestarikan tumbuhan yang ada di laut, tentunya kami mengajak agar adanya sadar wisata, terutama menjaga dan melestarikan alam," ujar Risda (33 tahun), salah seorang anggota Kompepar kepada sukabumiupdate.com, di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA: Jelang Penilaian UGG, Ciemas Kabupaten Sukabumi Berbenah

Ia pun mengingatkan, jangan hanya ucapan sadar wisata saja. "Sekecil apapun tindakan kita, itu lebih berharga dalam upaya memuliakan alam," ucapnya mengingatkan.

Sementara Budi Wahyudi (39 tahun), dari Balawista Pos Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, mengungkapkan kegiatan penanaman terumbu karang tersebut sangat positif sekali.

"Manfaatnya sangat besar, terutama buat kelestarian di dalam laut. Dampaknya sangat bagus, juga bagi nelayan," singkatnya dalam kesempatan sama.

BACA JUGA: Jelang Penilaian UGG, Muspika Ciracap Kabupaten Gelar Rapat

Senada dikatakan Sambas (45 tahun), anggota Pokwasmas Genteng Nusantara Ciracap, sesuai tema Geopark, memuliakan alam dan mensejahterakan masyarakat.

"Tentunya bagi kami kegiatan penanaman temburu karang ini salah satu upaya memuliakan alam. Kami banyak berterima kasih kepada siswa yang telah ikut partisipasi, juga para nelayan," sampainya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : RUDI RUSMANA
Sumber : Ragil Gilang
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Di awal pandemi COVID-19, anak-anak disebut sebagai kelompok usia yang relatif tidak rentan terinfeksi virus corona. Melansir dari tempo.co, namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengemukakan fakta...

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari suara.com, pandemi virus corona memang tidak hanya membuat orang terinfeksi Covid-19. Tapi juga membuat pasien penyakit lainnya mestir menunda pengobatannya. Selama lebih dari dua bulan sudah...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama lebih dari dua bulan di rumah saja, setiap orang tentu mengalami perubahan dari segi kegiatan. Dilansir dari tempo.co, beberapa di antaranya mungkin melakukan dengan berlebihan, namun...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Cianjur tercatat dalam daftar 15 kota/kabupaten di Jawa Barat yang termasuk level 2 atau zona biru pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya