Dalam Jampang Bersatu, Dukungan Kabupaten Sukabumi Selatan Kian Menguat

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan orang dari berbagai elemen masayarakat, tokoh, dan unsur pemuda, sewilayah Jampang, Kabupaten Sukabumi, hadir dalam acara buka bersama dan silaturahim yang dikemas dalam Jampang Bersatu di Gedung Olah Raga (GOR) Gerbang Mapak, Alun-alun Jampang Kulon, Minggu (18/6) petang.

Ketua Forum Musyawarah Masyarakat Jampang (Formusja), Zaeny Zaenal Alamsyah yang juga merupakan tokoh masyarakat Pajampangan mengatakan, Formusja adalah sebagai embrio dan wadah aspirasi warga Pajampangan untuk membentuk Kabupaten Sukabumi Selatan, pada 2000.

BACA JUGA: Pengurus KNPI Kabupaten Sukabumi Dukung Pemekaran Pajampangan

“Perjuangan Formusja itu dimulai tahun 2000, untuk pembentukan Kabupaten Sukabumi Selatan, sampai pergerakan kami pada waktu itu mentok di kementerian. Saya sangat mendukung sekali, banyak anak-anak muda yang mau melanjutkan dan bergerak mewujudkan Kabupaten Jampang,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com di sela acara.

Zaeny pun mengaku setuju karena memang ia bersama rekan-rekan, pada tahun 2000 bergerak untuk membentuk Kabupaten Sukabumi Selatan/Kabupaten Jampang.

BACA JUGA: Dalang Galumpit: Jampang Mekar dari Kabupaten Sukabumi Keinginan Segelintir Orang

“Ini prosesnya masih panjang, Sukabumi Utara juga belum diresmikan. Setelah DOB (daerah otonomi baru) Sukabumi Utara diresmikan, baru lima-tujuh tahun bisa diusulkan, tapi itu kan politis. Intinya bisa saja cepat, tergantung masyarakat Jampang, dan Pemkab (Pemerintah Kabupaten)," ucapnya.

Ketua pegiat pemekaran Kabupaten Jampang, Henda Pribadi menuturkan, acara tersebut targetnya mentransfortasi kepada warga Jampang, hanya untuk menyampaikan posisi Jampang statusnya menjadi  Calon DOB (CDOB), dari 365 wilayah yang diusulkan, yang mendapat status hanya 173 wilayah, dan salah satunya adalah Jampang.

BACA JUGA: Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Undang Forum Pemekaran Jampang Bahas Solusi

“Ini keputusan DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia), satu hal yang perlu saya sampaikan, semua pihak harus froposional melakukan hal ini, terutama pejabat publik, agar tidak terjadi kontradiktif, agar suasana tetap kondusif. Yang tidak paham silakan saja serahkan pada mekanisme, Insya Allah, warga Pajampangan taat azas, dan ini bukan untuk kepentingan pribadi, dan golongan, mari kita sama-sama berjuang agar CDOB menjadi DOB, Kita mengajak pada para dewan di Dapil (Daerah Pemilihan) dua, dan Dapil tiga untuk sama-sama berjuang,” tuturnya.

BACA JUGA: Jampang Mekar dari Kabupaten Sukabumi, Abas Kobasah: Pagawean Budak Leutik Ieu Mah

Dede Oding (39), selaku Ketua Forum Komunikasi Peduli Desa (FKPD) Kertajaya, mengaku sangat setuju pemekaran dan Kecamatan Simpenan harus ikut ke pemekaran Jampang.

“Karena ada history dari geologi saja formasi Jampang itu dipisahkan dari Sungai Cimandiri, dan mutlak harus masuk Pajampangan,” singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)