HCpunk Sukabumi, dari Food not Bomb hingga Pesan Jangan Bikin Ulah

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Hardcore (HC) punk merupakan sub-genre punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan United Kingdom (UK) pada akhir 1970-an. HC sendiri, sudah eksis di Indonesia semenjak akhir 1980an.

Fenomena ini menyebabkan sebagian punk mulai melahirkan scene-scene HCpunk. Sehingga hardcore di Indonesia, kental dengan warna punk.

Menurut Ahfar Ahmad, salah seorang HCpunk Sukabumi, HCpunk sejatinya sebuah gerakan yang muncul akibat maraknya tindak ketidakadilan dan kekacauan sosial.

“Tapi tidak semua sepemikiran. Banyak orang berpikir HCpunk itu komunitas atau aliran musik, padahal musik hanya bentuk protes saja. Dengan musik, mempermudah menyampaikan protes,” jelasn lelaki kelahiran 1982 itu, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (6/5).

BACA JUGA: Asa Neneng Ketjeh untuk Musik Underground Sukabumi

Ahfar, ayah dari tiga anak itu mengaku, mengenal dan masuk HCpunk sejak 1998. Hanya saja waktu itu sebatas ikut-ikutan, dan menilai HCpunk sebatas aliran musik saja.

“Seiring berjalannya waktu, saya memperdalam apa yang sedang saya jalani, hingga saya memahami, HCpunk lebih dari sekadar aliran musik. Ini pilihan hidup,” kata Ahfar lebih jauh.

Ditambahkannya, kelebihan memilih HCpunk, ia memiliki banyak teman, yang satu pemikiran dengannya. "Enaknya banyak, kita jadi punya teman luas. Global network friendship,” katanya.

BACA JUGA: Memotret Perjalanan Musik Cadas di Kota Nayor Kabupaten Sukabumi

“Kalau gak enaknya, gak ada. Cuma masyarakat masih memandang kami sebelah mata, dianggap pengacau. Tapi sudah biasa, karena mereka belum memahami apa yang kita jalani,” jelas warga Jalan/Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi ini.

Lebih jauh ia mengaku, pada awalnya kecintaan dirinya terhadap HCpunk sangat ditentang kedua orangtuanya. "Maklum, semua orang tua menginginkan anaknya meraih yang terbaik, dan memiliki sudut pandang berbeda terhadap HCpunk."

BACA JUGA: Macro Phone Sukabumi, Hunting and Sharing

“Wajar saja sih, penampilan bertatto, piercing, atau dinilai nyeleneh, membuat orang tua memandang buruk HCpunk. Tapi saya tetap pada pendirian, bukan keras kepala, tapi this my way," tandasnya. 

Namun begitu, Afhar mengingatkan pentingnya hormat kepada orang tua. "Sopan santun juga harus di jaga, karena kita juga bukan pembangkang.”

Karenanya, ia juga tetap memberikan edukasi kepada ketiga anaknya yang masih kecil, agar tidak mempunyai pandangan buruk. Harapan Afhar, jika sudah besar nanti ketiga anaknya mampu memilah dan memilih.

BACA JUGA: Kompas, Bukti Kaum Pria Sukabumi Punya Nyali untuk Merantau

Bicara tongkrongan dan aktivitas lain, menurut Afhar, HCpunk Sukabumi kerap berkumpul di Greenwall Street, Jalan Ciwangi, atau seberang Studio Photo Lee Ming.

“Sekarang belum ada kegiatan khusus, paling kumpul biasa. Dulu sering mengadakan food not bomb atau memberi makanan gratis. Karena beberapa sudah berkeluarga dan bekerja, jadi sekarang sudah jarang, karena mempunyai kesibukan masing-masing,” jelas Ahfar.

Namun untuk Bulan Ramadhan ini, tambah Afhar, HCpunk Sukabumi berencana menggelar buka bersama pada 17 Juni. Acara juga akan diisi dengan bagi-bagi takjil gratis, sablon gratis, food not bomb, dan banyak kegiatan lainnya.

“Pesan saya untuk anak-anak HCpunk, tetap semangat, jalani apa yang harus di jalani, gak usah bikin ulah macem-macem. Tetep movement semampu kalian,” pungkas Ahfar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)