Menu

23 Mei 2017, 01:51 WIB

Almamater Laporkan Wali Kota Sukabumi dan PT AKA ke KPK

Almamater saat menyerahkan laporan ke KPK. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com - Belasan organisasi massa dan mahasisiwa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Tertindas (Almamater) laporkan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz dan Direksi PT Anugerah Kencana Abadi (AKA) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (22/5).

Demikian dikemukakan Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Dewek Sapta Anugrah.

BACA JUGA: Soal Pasar Pelita, PN Sukabumi Undur Sidang Perdana Pemkot Melawan PT AKA

Selain itu, Almamater berencana akan melakukan demonstrasi di depan Balaikota Sukabumi pada hari ini, Selasa (23/5).

Laporan Almamater itu terkait dugaan tindak pidana korupsi atas penghilangan asset bangunan eks Pasar Pelita yang disinyalir tidak sesuai dengan yang disetorkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKA) Kota Sukabumi.

Kesebelas organisasi itu yakni, Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Cikole, Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Persatuan Umat Islam (PUI) Kompak, Appatis, Fraksi Rakyat, GPII, GMM, dan LKS.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Pelita Laporkan Tipu Gelap PT AKA ke Polres Sukabumi Kota

Juru bicara Almamater Iqbal Masagi kepada sukabuiupdate.com mengatakan, dalam pelaporan itu, pihaknya menyerahkan sejumlah data atas penjualan dan perhitungan penjualan reruntuhan Pasar Pelita yang diduga diselewengkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi.

“Semua berkas sudah kami serahkan  langsung ke KPK agar segera ditindaklanjuti. Dan alhamdulillah KPK merespon dengan baik, bahkan kontak KPK sudah ada di tangan kami untuk mengetahui perkembangan selanjutnya,” terang Iqbal.

Selain melaporkan dugaan korupsi oleh Wali Kota, Iqbal menerangkan, juga diaporkan soal down payment (DP) atau uang muka yang dibebankan kepada pedagang, namun hingga kini gedung Pasar Semi Modern yang dijanjikan belum dibangun.

BACA JUGA: Pedagang Pasar Pelita Kota Sukabumi Ontrog Kantor PT AKA

“Kami berharap KPK menindak tegas pelaku penggelapan uang Negara. Kasihan para pedagang, nasib mereka terkatung-katung” tegasnya.

Selain melaporkan ke KPK, sebut dia, Almamater juga berencana akan melakukan aksi demonstrasi pada Selasa (23/5) besok di depan Balaikota Sukabumi. ”Aksi demonstrasi ini sebagai bentuk tindaklanjut dan pengawalan kasus Pasar Pelita hingga tuntas,” katanya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : RONY M SAMOSIR
Sumber : Garis Nurbogarullah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Media sosial tengah ramai dengan isu kalung yang diklaim sebagai antivirus, termasuk virus corona. Sebelumnya, Kementerian Pertanian menyatakan bakal menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk pengembangan dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Valtteri Bottas secara sempurna mentransformasikan pole position di GP Austria yang penuh drama menjadi kemenangan pertamanya di F1 musim ini. Mengutip Suara.com, Bottas mendominasi balapan sepanjang 71 lap...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa negara telah menerapkan new normal atau pembebasan aturan pembatasan sosial, mekipun pandemi virus corona Covid-19 belum usai. Melansir Suara.com, semua orang pun tetap disarankan menjalani protokol kesehatan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Berita bola pada Ahad, 5 Juli 2020, menampilkan rumor terbaru soal perburuan pemain di bursa transfer sepak bola Eropa. Mengutip Tempo.co, ada kabar soal Real Madrid, Bayern Munchen,...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya