Menu

Selasa, 25 April 2017, 13:32 WIB

Wakil Wali Kota Sukabumi Inginkan Digitalisasi Arsip Daerah

Wakil Wali Kota saat menjadi pembicara diskusi pengelola Arsip SKPD. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com -  Proses penyimpanan arsip di Kota Sukabumi masih tertinggal jika dibandingkan daerah lain. Pasalnya, hingga saat ini proses kearsipan masih bersifat manual. Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, saat mengikuti Diskusi Pengelola Arsip Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dilaksanakan Dinas Arsip Daerah Kota Sukabumi di Aula Op Room, Selasa (25/4).

"Pengarsipan itu sesuatu yang penting dan jantung bagi kegiatan yang ada di SKPD atau pemerintah daerah, idealnya dikelola oleh tenaga profesional yang memang berbasis dari pendidikan kearsipan." ungkap Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, kepada sukabumiupdate.com usai memberikan sambutan bimbingan teknik pengelolaan arsip SKPD.

BACA JUGA:

Pasca Ledakan Tabung Gas Melon di Cikole, Wakil Wali Kota Sukabumi Imbau Warga Waspada

Jadi Penyebab Banjir, Wakil Wali Kota Sukabumi Instruksikan Bongkar Keramba

Fahmi Dukung Kota Sukabumi Gelar Seren Taun

Kendala sumber daya manusia (SDM) dan penyimpanan arsip secara manual, lanjut Fahmi, menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi untuk memberikan pelatihan dan perbaikan sistem administrasi kearsipan.

"Arsip berbentuk buku jika disimpan di tempat terlalu lembab dan panas, akan cepat rusak. Juga membutuhkan tempat yang besar. Sudah saatnya arsip dibuat berbentuk digital,” imbau Fahmi.

Menurut Fahmi pengalihan arsip manual ke Digital bisa dipertanggungjawabkan seperti yang sudah diberlakukan di daerah lain. "Untuk menerapkan ini tentu butuh tahapan dan ini yang disebut dengan smart city, segala sesuatu berlaku secara digital," pungkasnya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : RONY M SAMOSIR
Sumber : Garis Nurbogarullah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Guna mendorong penggunaan bahasa Sunda dalam aktivitas sehari-hari, Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan terbitkan payung hukum untuk memperkuat amanat Undang-undang (UU) Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera,...

SUKABUMIUPDATE.com - Keluarga besar Kosgoro yang merupakan salah satu underbouw Partai Golongan Karya (Golkar), mendorong Dedi Mulyadi untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mendatang. Suara Kosgoro bulat...

SUKABUMIUPDATE.com - “Saking suka banget dengan nulis, dalam sehari saya biasakan menulis 30 menit hingga satu jam, tanpa berpikir nanti akan menjadi sebuah buku atau tidak,” wanita berjilbab yang...

SUKABUMIUPDATE.com – Warga Benteng Kidul, RT 04/02, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jumat (27/1) sore dikejutkan dengan penemuan mayat bayi di saluran air irigasi. Tubuh bayi malang berjenis kelamin...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya