Menu

25 Apr 2017, 13:32 WIB

Wakil Wali Kota Sukabumi Inginkan Digitalisasi Arsip Daerah

Wakil Wali Kota saat menjadi pembicara diskusi pengelola Arsip SKPD. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com -  Proses penyimpanan arsip di Kota Sukabumi masih tertinggal jika dibandingkan daerah lain. Pasalnya, hingga saat ini proses kearsipan masih bersifat manual. Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, saat mengikuti Diskusi Pengelola Arsip Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dilaksanakan Dinas Arsip Daerah Kota Sukabumi di Aula Op Room, Selasa (25/4).

"Pengarsipan itu sesuatu yang penting dan jantung bagi kegiatan yang ada di SKPD atau pemerintah daerah, idealnya dikelola oleh tenaga profesional yang memang berbasis dari pendidikan kearsipan." ungkap Wakil Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, kepada sukabumiupdate.com usai memberikan sambutan bimbingan teknik pengelolaan arsip SKPD.

BACA JUGA:

Pasca Ledakan Tabung Gas Melon di Cikole, Wakil Wali Kota Sukabumi Imbau Warga Waspada

Jadi Penyebab Banjir, Wakil Wali Kota Sukabumi Instruksikan Bongkar Keramba

Fahmi Dukung Kota Sukabumi Gelar Seren Taun

Kendala sumber daya manusia (SDM) dan penyimpanan arsip secara manual, lanjut Fahmi, menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi untuk memberikan pelatihan dan perbaikan sistem administrasi kearsipan.

"Arsip berbentuk buku jika disimpan di tempat terlalu lembab dan panas, akan cepat rusak. Juga membutuhkan tempat yang besar. Sudah saatnya arsip dibuat berbentuk digital,” imbau Fahmi.

Menurut Fahmi pengalihan arsip manual ke Digital bisa dipertanggungjawabkan seperti yang sudah diberlakukan di daerah lain. "Untuk menerapkan ini tentu butuh tahapan dan ini yang disebut dengan smart city, segala sesuatu berlaku secara digital," pungkasnya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : RONY M SAMOSIR
Sumber : Garis Nurbogarullah
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PKS, Abdul Muiz mengimbau masyarakat waspada curah hujan dengan intensitas yang sangat tinggi. Khususnya daerah berpotensi banjir dan...

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) drh Slamet, temukan 1078 kontainer sampah impor yang masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok. Penemuan impor sampah tersebut, diketahui Slamet...

SUKABUMIUPDATE.com - Penyebaran virus Corona diduga sudah mulai masuk ke Indonesia. Gedung BRI II di kawasan Bendungan Hilir dikabarkan diisolasi karena seorang pegawai di sana diduga terjangkit virus yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Warga memakamkan jenazah bayi lak-laki di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Belentuk, Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/1/2020).  Pemakaman disaksikan warga serta aparatur Desa Langensari. Adapun TPU belentuk...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya