Bapak Bisu, Ibu Lumpuh, Dua Anak Tak Sekolah karena Tiada Biaya, Warga Cioray Kabupaten Sukabumi

Selasa 04 April 2017, 11:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Miris, kata tepat untuk menggambarkan kehidupan pasangan Saripudin (34) dan Esih (37). Pasangan suami istri tersebut adalah warga Kampung Cioray RT 19/03, Desa Palasari Hilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Keduanya, sama-sama mememiliki kekurangan fisik, Saripudin menderita tunawicara, dan Esih alami kelumpuhan.

Saripudin hanya seorang buruh harian lepas. Sedangkan Esih tidak bisa membantu suaminya untuk mencari tambahan nafkah, karena sehari-hari untuk beraktivitas saja, ia harus ngesot. Dari mulai melakukan aktivitas pribadi, hingga urusan rumah tangga.

Kendati demikian, pasangan ini memiliki empat anak, yakni Melani (10) kini duduk di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Cioray. Reza (8) dan Despi (6), belum sekolah karena ketiadaan biaya. Sedangkan si bungsu Regina Putri, baru berusia dua tahun.

“Kalau Reza walau sudah berusia delapan tahun, dan Despi enam tahun, belum sekolah karena belum memiliki biaya,” terang Esih kepada sukabumiupdate.com, Selasa (4/4).

BACA JUGA:

Miris, Janda Warga Cibodas Kabupaten Sukabumi Ini Hanya Butuh Ongkos untuk Berobat

Miris, Ini Cara Rohayati Asal Cikangkung Kabupaten Sukabumi Tetap Sehat

Miris, Kakak Adik Warga Sukasirna Cibadak Kabupaten Sukabumi Dibiarkan Lumpuh

Esih mengaku, sebenarnya ia mengalami kelumpuhan semenjak usia tujuh tahun. Namun saat beranjak dewasa, ia bisa berjalan sendiri walaupun tidak normal. “Ketika melahirkan anak pertama, saya kembali lumpuh sampai sekarang. Semua aktivistas saya lakukan dengan ngesot,” ujarnya.

Lebih jauh, Esih menerangkan, akibat kemiskinan yang mendera, dua anak mereka yakni Reza dan Neng Depi, saat ini dirawat oleh Rini (33), bibi dari Esih. "Sehari-hari untuk menghidupi keluarga, bapaknya bekerja di sawah milik warga. Sedikit tapi cukup,” lirih.

Sementara Rini (33), bibi dari Esih mengatakan, keponakannya itu sampai saat ini belum pernah berobat. “Hanya pernah mendapatkan pengobatan tradisional dengan cara di urut. Sebenarnya Esih memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Tapi untuk jalan berobat juga kan butuh biaya."

Rini menambahkan, keluarga selalu berupaya membantu keluarga Saripudin. Ada keinginan agar keluarga itu memiliki aktivitas yang bisa menambah penghasilan. “Tapi kami belum punya uang untuk memodali keluarga ini,” katanya.

Ia berharap pemerintah bisa meringankan beban keluarga Saripudin, agar masa depan anak-anak pasangan Saripudin-Esih bisa meraih masa depan baik kelak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)