Sebab Status FB, Wabup Sukabumi Tegur Kepala Desa Cicantayan

Sabtu 18 Maret 2017, 11:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono tegur Dzulfikar Ali Hakim yang merupakan Kepala Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi lantaran status Facebook-nya.

Orang nomor dua di Kabupaten Sukabumi itu meminta kepada aparatur desa agar tidak mengumbar kekecewaan di media sosial, tetapi langsung menyampaikan keluhan atas pelayanan instansi pemerintah daerah ke nomor pribadinya. “Sebaiknya kalau ada keluhan, langsung sampaikan ke nomor pribadi saya,” saran Adjo pada kolom komentar status Facebook Dzulfikar.

Teguran ini bermula ketika Kepala Desa Cicantayan yang terlihat masih muda tersebut, menulis statusnya dengan menunjukan kekesalannya kepada Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Ia menilai Dinas Sosial tidak respon kepada masyarakat ketika dirinya hendak meminjam mobil untuk kepentingan warganya yang mendesak.

"P2TP2A Kab. Sukabumi, Dinsos Kab. Sukabumi sareng Dinas P3A rupina kirang ngaleueut aqua. aya warga Sukabumi nu terlantar di Jakarta, bade dijemput ku tim ti Desa Cicantayan mung peryogi nambut mobil dinas kangge ngajemputna meni sesah komo deui mun sareng ongkos sagala rupinana? pami di desa aya mobil mah moal kedah nambut ka dinas, ka warga na nu meryogikrun wae sesah, kumaha kabatur? colek pak bupati Marwan Hamami, pak wabup Adjo Sardjono," demikian status Facebook Dzulfikar, Kamis (16/3) petang, sekitar pukul 19.32 WIB.

Setelah beberapa orang memuji dan ikut menunjukan kekesalannya kepada Dinas Sosial. Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, mengomentari status kepala desa tersebut dengan nada teguran. "Pak Kades, lain kieu carana. Ini komunikasi yang kurang tepat, hanya akan menimbulkan disharmonisasi.  Kalau tidak bisa langsung, minta bantuan Camat atau langsung ke Dinas, minta bantuan tertulis atau lisan. Ti Cicantayan mah deukeut ka Dinas,” tulis Adjo.

BACA JUGA:

Minta Pulsa, Akun Facebook Mantan Wali Kota Sukabumi Dibajak

Media Sosial Picu Pertumbuhan UKM di Kabupaten Sukabumi

Orang nomor dua di Kabupaten Sukabumi ini menyarankan, agar kepala desa memberikan tembusan apabila ragu. “Kalau ragu, beri tembusan saya lewat pesan singkat  atau whatsapp , supaya saya bisa negaskeun. Jadi Kades tong cengeng kitu, siga teu boga anggaran," kesal Adjo.

Setelah itu sang Kepala Desa membalas komentar kembali dengan kata-kata melemah. "Punten pak wabup, tadi siang atos koordinasi ka dinas sosial, ka dinas P3A tapi teras dioper-oper. murangkalih atos tilu dinten terlantar, tapi teu aya perhatosan ti dinas. kaleresan memang desa teu acan gaduh anggaran malihan  siltap oge tos sabaraha sasih teu lungsur," keluh Dzulfikar.

Namun terakhir Ajo menyarankan kepada kepala desa agar dirinya menyampaikan keluhan terkait warganya langsung ke nomor telpon pribadinya jangan di media sosial. "Sampaikan keluhan melalui sms / WA ke saya, supaya bisa diteruskan kepada Dinas ybs dan saya bisa kontrol," tegas Adjo.

Meskipun di tegur di media sosial, Dzulfikar tidak merasa bersalah, menurutnya itu adalah risiko dalam perjuangan membela masyarakat nya. "Pak wabup sebenarnya selalu membuka pintu komunikasi mun aya hambatan koordinasi, ngan kamari mah bating ku keuheul da puguh ge aya warga nu hirup keneh kudu ditulungan," tandasnya.

Seringkali cuitan di media sosial yang berujung persoalan, nasihat bijak disampaikan salah seorang yang mengomentari status Dzulfikar. "Karena fb hanya merupakan tulisan. Tidak bisa menggambarkan emosi. Jadi hati-hati menafsirkan emosi dalam tulisan. komen pak wabub wajar," tulis Budina Eka Prasetia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Sehat26 April 2024, 13:30 WIB

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Inilah Sejumlah Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)