Light Dark

HGN, Guru di Kabupaten Sukabumi Persiapkan Diri Jelang Sekolah Tatap Muka

Pemerintahan | 25 Nov 2020, 09:28 WIB
Seorang guru mempraktekan cuci tangan sebelum masuk kelas di SDN 1 Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | dok. sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Pjs Bupati Raden Gani Muhamad menyampaikan selamat Hari Guru Nasional (HGN) kepada para guru di Kabupaten Sukabumi dan Indonesia. Di momen Hari Guru ini, Gani mengingatkan para guru untuk bersiap karena pemeritah pusat sudah merencanakan Sekolah Tatap Muka akan dimulai pada Januari 2021. 

Persiapan dilakukan agar proses belajar tatap muka serta penerapan protokol kesehatan berjalan beriringan. 

"Kami harapkan bagi para guru di bawah Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi segera mengantisipasi dan mempersiapkan diri menghadapi new normal. Bagaimana kita mensikapi kebijakan pemerintah pusat ini supaya pendidikan terus jalan, kesehatan terus jalan," ujar Gani usia menghadiri acara sarasehan dan gebyar GP3M yang diselenggarakan Disdik Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/11/2020).

BACA JUGA: Disdik Kabupaten Sukabumi Sebut 80 Persen SD dan SMP Siap Tatap Muka di Januari 2021

Guru kata Gani harus bisa memberikan kepercayaan kepada para orang tua bahwa pada saat anaknya sekolah tatap muka. Maka dari itu protokol kesehatan wajib diterapkan. "Harus bisa memberikan kepercayaan kepada orang tua, kita di lembaga-lembaga menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Gani.

Kepada para orang tua, Gani juga berpesan agar memperhatikan anaknya saat Sekolah Tatap Muka berjalan. Menurut Gani, ketika berada di sekolah murid akan terus diawasi oleh para gurunya, tetapi ketika diluar sekolah misalnya saat pulang maka guru pun ada keterbatasan untuk melakukan pengawasan.

BACA JUGA: Kebijakan Sekolah Tatap Muka, P2G Minta Kemendikbud tak Lepas Tangan

Maka dari itu, Gani berharap para orang tua mengingatkan anaknya apabila sekolah pulang maka harus langsung pulang ke rumah. Sebab Gani memperkirakan ada euporia siswa karena sudah lama tak bertemu temannya bisa jadi 

"Ini juga supaya diikuti para orang tua untuk mengingatkan anak-anaknya, sepulang sekolah harus segera pulang ke rumah, [siswa] jangan menclok dimana-mana dulu. Itu yang kita tidak bisa awasi secara ketat. Karena apa, kita sudah memetakan bakal ada euporia dari anak-anak pada saat nanti sekolah, ketemu temannya [sepulang sekolah] nongkrong dulu," tegas Gani. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Reporter