Light Dark

Manfaatkan Lahan Tidur, Pemdes Neglasari Sukabumi Tanam Pala dan Kelapa

Pemerintahan | 22 Nov 2020, 08:16 WIB
Penanaman pala dan kelapa di areal lahan demplot Kampung Cipareang RT 35/04 Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan bibit pohon pala dan kelapa ditanam di areal demplot di Kampung Cipareang RT 35/04 Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Minggu (21/11/2020).

"Tanaman pala sebanyak 400 pohon dan kelapa 100 pohon di lahan seluas satu hektare. Lahan tersebut milik Pemdes yang tidak produktif, hanya tumbuh ilalang," ujar Kepala Desa Neglasari, Rahmat Hidayat kepada sukabumiupdate.com.

Adapun penanaman dan pemeliharaan dilakukan oleh perangkat desa dan warga setempat, memanfaatkan lahan supaya lebih produktif.

BACA JUGA: DAS Cikaso Ditanami Pepohonan Ini, Pemdes Neglasari Sukabumi Peduli Lingkungan

"Ini merupakan program tanam 1.000 pohon di wilayah Kecamatan Lengkong, dengan kerjasama Yayasan Akar Pohon yang menghibahkan bibit sebanyak 6.000 pohon," jelasnya.

Berbagai bibit pohon seperti kelapa, pala, cengkeh dan beringin, selain ditanam di lahan demplot, juga disalurkan kepada warga untuk mengisi lahan kosong lainnya.

"Kegiatan gerakan penghijauan dengan memanfaatkan Lahan Tidur untuk ditanami berbagai pohon, yang bisa meningkatkan kesejahtraan petani dan menjaga keseimbangan alam," pungkasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter