Light Dark

BPBD Dirikan Posko Darurat di Lokasi Bencana Puting Beliung Tugubandung Sukabumi

Pemerintahan | 30 Oct 2020, 09:50 WIB

BPBD Dirikan Posko Darurat di Lokasi Bencana Puting Beliung Tugubandung Sukabumi

Pemerintahan | 30 Oct 2020, 09:50 WIB
Kondisi sebuah rumah di Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi setelah diterjang angin puting beliung pada Kamis (29/10/2020) sore pukul 16.30 WIB. | Istimewa

sukabumiUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (bpbd) Kabupaten sukabumi mendirikan posko darurat di lokasi bencana angin puting beliung yang menerjang Desa tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten sukabumi, Kamis (29/10/2020) sore pukul 16.30 WIB.

Pusdalops bpbd Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, pendirian posko tersebut disebabkan banyaknya rumah yang rusak dan sejumlah warga yang terpaksa mengungsi ke rumah lain yang tidak terdampak.

"Maka bpbd membuka posko di Aula Desa tugubandung," singkat Daeng kepada sukabumiupdate.com, Jumat (30/10/2020).

BACA JUGA: 1 Luka, Data Bangunan Rusak Akibat Puting Beliung tugubandung Sukabumi

Belum diketahui dengan pasti berapa jiwa yang mengungsi akibat bencana angin puting beliung tersebut. Pasalnya, hingga kini pihak BPBD dan sejumlah relawan masih melakukan pendataan di lokasi kejadian.

Data sementara yang sebelumnya diberitakan, tercatat 2 rumah rusak berat dan 1 rumah rusak sedang akibat bencana puting beliung itu.

Tagana Kecamatan Kabandungan, Nurdin Shopian mencatat total rumah rusak terdampak puting beliung ada di empat kedusunan di wilayah Desa Tugubandung. Antara lain 6 rumah di Kampung Tugu, 46 rumah di Kampung Cicadas, dan 5 rumah di Kampung Kaladi.

BACA JUGA: Puting Beliung di Tugubandung Sukabumi, Warga: Atap Rumah Keangkat!

Dari total tersebut, dua rumah rusak berat atas nama Heri dan Heli, di Kampung Cicadas RT 03/04. Sementara rumah rusak sedang atas nama Rojak di Kampung Kaladi RT 06/06.

"Selain itu bangunan DTA Al-Firdaus di Kampung Cicadas, Masjid Jami Alhidayah Kampung Cicadas, SMPN 2 Kabandungan, kandang ayam milik E Humaedi Kampung Cicadas, kandang ayam milik H E Sutisna di Kampung Kaladi juga rusak," terang Nurdin dalam keterangan tertulis yang diterima pada Kamis malam.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Redaktur