Pemkot Sukabumi Terima Program BSPS, 920 Rutilahu Direhab

Rabu 21 Oktober 2020, 02:07 WIB

SUKABUMIUPATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyatakan, ketika berbicara perkotaan, proses urbanisasi tidak bisa dihilangkan dan diantara dampak urbanisasi ini adalah meningkatnya populasi penduduk. 

"Ketika populasi penduduk meningkatkan tidak bisa dipungkiri angka kemiskinan pun sangat mungkin terjadi peningkatan, ditandai dengan salah satu indikatornya rumah tidak layak huni (rutilahu)," ungkap Fahmi dalam kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas fasilitator BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) tahap II yang diselenggarakan Dirjen Bina Konstruksi Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Hotel Horison Kota Sukabumi, Selasa (20/10/2020). 

BACA JUGA: UMKM Kota Sukabumi Diharapkan Tetap Produktif saat Pandemi

Wali Kota menjelaskan bahwa tahun ini, Pemerintah Kota Sukabumi telah menerima program BSPS untuk merehabilitasi 920 rumah tidak layak huni. Pemkot bersyukur karena Kementerian PUPR memiliki komitmen yang kuat untuk terus melakukan pengentasan dari sisi rutilahu ini. 

"Bahwa saya dengar ada tiga pola yang dilakukan oleh Kementerian, ada pola peremajaan, ada pola pemugaran, ada juga pembangunan kembali. Ada tiga pola tersebut dalam kerangka melakukan pengentasan kawasan kumuh termasuk rutilahu," kata Fahmi. 

Pemkot berharap, ketiga pola tersebut bisa dengan tepat dan cepat pengentasan kawasan kumuh di Kota Sukabumi. Apabila penanganan kawasan kumuh di Kota Sukabumi tercapai maka semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan meningkatnya taraf hidup masyarakat. 

BACA JUGA: Jika Tol Bocimi Selesai, Kota Sukabumi Andalkan Potensi Kuliner dan Heritage

"Itu lah sebabnya pembangunan khususnya yang berhubungan dengan BSPS harus diikuti, harus juga dikawal oleh tenaga-tenaga fasilitator yang handal, tenaga ahli yang juga memiliki teknik-teknik terbaik. Itulah sebabnya kegitan bimtek yang dilakukan hari ini juga sekaligus mendidik, melatih teman-teman untuk menjadi fasilitator yang hebat. Temen-teman yang mampu untuk melakukan pengawalan bagaimana anggaran BSPS yang sudah dilucurkan yang sudah direncanakan mampu tepat sasaran dan kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan, salah satu ujung tombaknya adalah fasilitator," jelasnya.

Sementara itu, selain kegiatan fasilitasi peningkatan kapasitas fasilitator BSPS ada juga kegiatan lainnya yaitu Bimbingan Teknis Pengawasan dan Pengendalian Pada Pekerjaan Konstruksi Rumah Sederhana Sehat Program Padat Karya tunai, serta Training of Trainers (ToT) Instruktur pembekalan sertifikasi SDM Lulusan S1 Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi. 

BACA JUGA: BACA JUGA: Pemkot Sukabumi Ajak Ibu-ibu Pengajian Ikut Hadapi Pandemi

Kegiatan yang juga dilaksanakan secara virtual dibuka secara resmi oleh Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR dan diikuti oleh 4 kabupaten di Jawa Barat.

Dirjen Bina Kontruksi Kementrian PUPR menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 memiliki dampak pada pencapaian pembangunan dan infrastruktur nasional. Saat ini, dalam semangat pemulihan ekonomi, salah satu sektor yang menjadi fokus adalah sektor properti karena berpengaruh dalam menjaga dan mempertahankan ekonomi. Oleh karena itu, 3 pelatihan ini diperlukan dalam kerangka meningkatkan sektor properti.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)