Light Dark

Kenapa Penting Jaga Jarak? Pjs Bupati Sukabumi Jelaskan Pesan Ibu

Pemerintahan | 19 Oct 2020, 11:48 WIB

Kenapa Penting Jaga Jarak? Pjs Bupati Sukabumi Jelaskan Pesan Ibu

Pemerintahan | 19 Oct 2020, 11:48 WIB
Pjs Bupati Sukabumi, R Gani Muhamad. | Pemkab Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sukabumi, R Gani Muhamad yang kini juga bertugas sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Sukabumi mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Gani dalam wawancara live dalam acara Update Talk Senin (19/10/2020) bersama Sukabumiupdate.com.

"Kita tambah sosialisasi, edukasi, pemahaman dan operasi penegakan hukum. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, Ingat Pesan Ibu, yaitu 3 M," kata Gani.

"Kita harus disiplin menggunakan masker. Masker yang saya pakai, menyelamatkan kamu. Masker yang kamu pakai, menyelamatkan saya. Pemahaman itu yang perlu kita sosialisasikan," sebutnya.

"Lalu kita mencuci tangan memakai sabun atau menggunakan air mengalir. Ini kita harus terapkan dalam kehidupan kita. Jangan sebut itu sesuatu yang membebani. Jadikan gaya hidup saat ini supaya kita bisa beradaptasi," kata Gani lagi.

BACA JUGA: Kondisi dan Strategi Kabupaten Sukabumi Dalam Mengawal Demokrasi Ditengah Pandemi

"Dan juga bagaimana dalam kehidupan sehari-hari kita Jaga Jarak. Sesuatu yang biasa kita lakukan seperti berdekatan, berpelukan, salaman dan sebagainya, selama ada Covid-19 ini ditahan dulu. Supaya kita terhindar. Karena memang penularannya, Covid-19 itu melalui droplet tertularkan dari seseorang yang tidak menggunakan masker," ungkapnya.

Mengacu pada SK pengangkatan, sebut Gani, tugas seorang Pjs Bupati juga memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan Peraturan Perudang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama dengan DPRD. Termasuk kewenangan mengendalikan Covid-19 di daerah.

"Artinya seluruh urusan yang menjadi kewenangan daerah, harus bisa kita jalankan. Baik kewenangan otonom maupun kewenangan konkuren yang diamanatkan oleh Undang-undang kepada Pjs Bupati," tandasnya.

Wawancara selengkapnya bisa diakses dalam Update Talk bertajuk Mengawal Demokrasi Ditengah Pandemi.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menJaga Jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur