Menu

17 Okt 2020, 19:35 WIB

Bantah Isu Pemotongan Bantuan UMKM di Sukabumi, Kades Kademangan: Uang Sukarela

Ilustrasi uang. | Sumber Foto:Shutterstock

SUKABUMIUPDATE.com - Dugaan pemotongan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Kademangan, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mendapat penjelasan dari pihak desa.

Kepala Desa Kademangan, Hendrik Kurnia mengatakan, setelah pihaknya mengecek ke lapangan dan langsung bertemu dengan sejumlah warga penerima BLT UMKM, tidak ditemukan adanya pemotongan sebesar Rp 500 ribu seperti kabar yang beredar.

"Kalaupun ada itu bukan pemotongan, namun si penerima memberikan tanda terima kasih dengan nilai bervariatif. Dipastikan tidak ada pemotongan, kalau sebagai tanda terima kasih dari penerima memang ada, cuma nilainya bervariatif dan tidak sampai Rp 500 ribu," kata Hendrik, Sabtu (17/10/2020).

BACA JUGA: Diduga Ada Pemotongan Bantuan UMKM di Surade Sukabumi, Begini Kata Kades

Berdasarkan pengakuan penerima, kata Hendrik, terjadi kesalahpahaman yang menyebabkan munculnya kabar soal pemotongan.

"Padahal setelah ditelusuri, para penerima tidak merasa adanya pemaksaan dan tidak ada istilah pemotongan, karena mereka memberikan uang secara rela. Karena sudah dibantu dalam proses pengajuan," terangnya.

"Kami pun sudah mengarahkan agar BLT UMKM bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk usaha," pungkasnya.

Pencairan bantuan senilai Rp 2,4 juta itu dilakukan warga pada Kamis (15/10/2020) dan Jumat (16/10/2020) di salah satu kantor bank BUMN di Surade.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

SUKABUMIUPDATE.com - Memanaskan makanan sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat perkotaan. Entah karena kesadaran untuk tidak membuang-buang makanan atau tidak memiliki waktu untuk memasak makanan segar.  Banyak yang mengatakan bahwa makanan...

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19, gelombang tinggi, hingga guyuran hujan tak menyurutkan para pelancong lokal hingga luar daerah yang ingin menghabiskan waktu libur panjang dan cuti bersama di pengujung Oktober...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya