Tambang Emas Ilegal Kepung Geopark Ciletuh, Pjs Bupati Sukabumi: Harus Ditertibkan

Kamis 15 Oktober 2020, 11:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aktivitas tambang ilegal yang berada di kawasan Pantai Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, ditutup. Penutupan itu dilakukan oleh pihak Kecamatan Surade, Polsek Surade, Satrad Cibalimbing, dan Satpol PP Kecamatan Surade, Kamis (15/10/2020).

Plt Camat Surade, Ukat Sukayat mengatakan, lokasi yang dijadikan sebagai tempat tambang ilegal tersebut berada di Pantai Minajaya bagian barat dan masuk ke dalam zona harim laut. Sehingga, keberadaan aktivitas tambang ilegal di wilayah itu mengancam kelestarian alam. Terlebih, Pantai Minajaya masuk dalam zona Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

"Pada hari Selasa tanggal 13 Oktober 2020, kami mendapat laporan lisan dari Kepala Desa Pasiripis bahwa ada beberapa orang yg mengaku dari lembaga APRI (Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia) yang membawa surat kuasa dari lembaga tersebut untuk melakukan eksplorasi potensi emas yang berada di bibir Pantai Minajaya Desa Pasiripis," kata Ukat kepada sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Tim Gabungan TNI-Polri Tutup 18 Lubang Aktif Galian Emas di Simpenan Sukabumi

Ukat menjelaskan, setelah mendapat laporan tersebut pihaknya bersama Danramil, Kapolsek, Satpol PP Kecamatan Surade, dan Kepala Desa Pasiripis, menuju lokasi Pantai Minajaya dan menemui salah satu dari orang yang mengaku berasal dari APRI.

Setelah dilakukan konfirmasi atas laporan tersebut, sambung Ukat, ternyata benar bahwa mereka ditugaskan oleh APRI untuk melakukan eksplorasi dan pengambilan sampel. Namun saat pihaknya menanyakan izin eksplorasi dari instansi terkait di Kabupaten Sukabumi, Ukat menyebut, mereka tidak dapat menunjukkan izin itu dan berdalih izinnya akan diurus kemudian.

"Mereka beralasan melakukan eksplorasi ingin mencari kandungan potensi emas saja, dan setelah nanti ternyata hasilnya ada, maka akan dilakukan penambangan dengan menempuh izin. Pada hari itu pun (Selasa) kami sudah minta ditutup, namun mereka masih melakukan kegiatan sampai hari Kamis sekarang, makanya kami langsung menutup karena mereka tidak bisa menunjukkan izin eksplorasi," jelas Ukat.

Penutupan tambang ilegal di kawasan Pantai Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis (15/10/2020).

Ukat berujar, pihaknya tidak mempersoalkan tentang legalitas APRI. Tetapi pihaknya mempertanyakan izin untuk mengadakan eksplorasi dengan menggunakan mesin di tebing masuk zona harim laut.

"Apapun bentuk kegiatannya, tetap harus memiliki izin. Sedangkan mereka tidak bisa menunjukkan izin sehingga kami langsung menutup dan alat-alatnya juga langsung dievakuasi. Di lokasi tersebut memang beberapa tahun ke belakang ada kegiatan penambang liar, akan tetapi sudah ditertibkan. Dan sekarang ada lagi sudah berjalan 4 hari dengan alasan pengecekkan," ucap Ukat.

Dilansir dari kompas.id, kawasan Taman Bumi atau Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi, dikepung tambang emas ilegal. Penelusuran media tersebut mengungkap, bebatuan mengandung emas hasil penambangan kemudian diolah menggunakan merkuri dan sianida di rumah-rumah warga.

BACA JUGA: Soal Tambang Liar di Kabupaten Sukabumi DPESDM Beberkan Fakta Mengejutkan

Batuan emas yang diolah warga diambil dari tambang-tambang rakyat dengan metode penambangan bawah tanah. Tambang berupa lubang-lubang sempit itu umumnya berada di lahan Perhutani, perusahaan perkebunan, atau perorangan yang mengelilingi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

Dalam kanal Instagram TV hariankompas, ada sekitar 25 ribu penambang di wilayah Sukabumi Selatan tersebut, di mana 10.000 diantaranya di bawah Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI).

Sementara itu, Pjs Bupati Sukabumi, Raden Gani Muhammad menuturkan, aktivitas tambang ilegal yang berada di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu harus ditertibkan. Ia menilai, kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu merupakan kawasan yang dilindungi dan telah diakui dunia internasional.

"Nah terkait dengan adanya penambangan-penambangan ilegal ya pemerintah harus mengambil langkah tegas sesuai dengan kewenangannya. Kewenangan kabupaten apa, kewenangan provinsi apa, dan kewenangan pusat apa, nah kita harus sinergi," tutur Gani, Sabtu (10/10/2020).

Gani menegaskan, tidak boleh ada upaya-upaya yang dapat mengganggu kelestarian lingkungan dan konservasi yang ada di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

"Kita memanfaatkan kelebihan yang diberikan Allah ke Kabupaten Sukabumi untuk kita lestarikan dan manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat. Yang namanya ilegal kan nanti dia tidak bertanggungjawab, tidak ada kepedulian dia terhadap lingkungan, yang penting kepentingan dia. Kalau legal kan dia ada izin, bisa kita arahkan, batasannya jelas," pungkas Gani saat itu.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)