Menu

18 Sep 2020, 11:48 WIB

Sterilisasi Fasilitas, Puskesmas Cicurug Sukabumi Bantah Ada Nakes Terpapar Corona

Puskesmas Cicurug yang berada di Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Kabar yang mengatakan adanya tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terkonfirmasi positif Covid-19, dibantah pihak puskesmas.

Kepala Puskesmas Cicurug, Dini Desti Susanti mengatakan, pihaknya hanya melakukan sterilisasi ruangan sesuai arahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sukabumi. Bukan karena adanya nakes yang terpapar Corona.

"Informasi itu tidak benar, yang benar Puskesmas Cicurug sedang ada sterilisasi rutin untuk ruangan yang ada," kata Dini kepada sukabumiupdate.com, Jumat (18/9/2020).

Dini menuturkan, Puskesmas Cicurug memiliki 74 nakes dan karyawan. Saat ini mereka tengah menjalani tes swab, sebagai bagian dari program GTPP Covid-19 Kabupaten Sukabumi.

"Pembatasan layanan hanya berlangsung tiga hari saja. Dan itu nantinya akan bersifat rutin di masa new normal ini. Hari senin pelayanan sudah berjalan normal," tuturnya.

BACA JUGA: Tenaga Kesehatan di Cicurug Sukabumi Positif Covid-19, Puluhan Rekannya Reaktif RDT

Puskesmas Cicurug sendiri saat ini tengah melakukan sterilisasi. Dini menjelaskan, kegiatan sterilisasi tersebut akan dilakukan secara rutin di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Akibatnya, pelayanan di puskesmas tersebut mengalami pembatasan. Sebab, sambung Dini, setiap ruangan yang disterilisasi menggunakan cairan disinfektan harus dikosongkan selama 24 jam.

"Pelayan tetap bejalan namun ada pembatasan pelayanan karena ruangan yang distrerilisasi harus dikosongkan selama 24 jam minimal," ungkapnya.

Dini mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ketika beraktivitas.

"Masyarakat di masa AKB ini harus tetap memegang teguh protokol kesehatannya," pungkas Dini.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : OKSA BC
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan melakukan pemeriksaan kelengkapan data dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat atau JKN-KIS. Pada Minggu 1 November 2020, peserta...

SUKABUMIUPDATE.com - Hasil seleksi penerimaan CPNS 2019 akhirnya resmi diumumkan serentak pada, Jumat, 30 Oktober 2020. Dari kuota 254.173 orang yang dibuka sejak awal, tidak semuanya berhasil terisi. "Ada beberapa...

SUKABUMIUPDATE.com - Ayo selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan kedisiplinan mematuhi kombinasi protokol kesehatan bisa menurunkan risiko penularan Covid-19 bahkan sampai 99,99 persen. “Ternyata 3M sangat ampuh...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim libur panjang dan cuti bersama pengujung Oktober 2020, anggota kepolisian lalu lintas Polres Sukabumi menyisir sejumlah objek wisata pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (30/10/2020). Dalam kesempatan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya