Lima Pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi Dilantik, Siapa Saja?

Jumat 11 September 2020, 05:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami melantik pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025, di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/9/2020). Pelantikan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-150. 

Pimpinan Baznas yang dilantik terdiri dari H. Unang Sudarma Ketua, Dachlan Gozali Wakil Ketua I, H. Endin Badrudin Usman Wakil Ketua II, Atot Sugiri Wakil Ketua III, dan M. Taufik Wakil Ketua IV.

BACA JUGA: Gerakan Baznas Kota Sukabumi Ditengah Pandemi Covid-19

Panitia Hari Jadi ke 150 Kabupaten Sukabumi Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Sukabumi Usep Setiawan mengatakan dari 23 orang yang mendaftar menjadi pimpinan Baznas. Berdasarkan hasil seleksi diambil lima orang yang saat ini dilantik.

"Dari 23 orang yang daftar kemudian diseleksi menjadi 10 orang. Setelah itu, diambil lima orang dengan rangking terbaik menjadi pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi," bebernya

Proses seleksi sendiri melibatkan berbagai pihak. Bahkan, melibatkan lembaga pendidikan untuk menguji tes tertulis dan psikotes.

BACA JUGA: Sekda Kabupaten Sukabumi Terima Bantuan dari Baznas Untuk Korban Longsor Cisolok

 "Panitia seleksi sendiri ada dari Pemda, Kemenag, ulama, dan tokoh masyarakat. Kalau tesnya, kita kerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Apalagi kita ada seleksi administrasi, tes tertulis,psikotes,wawancara. Bahkan ada investigasi oleh Baznas pusat," pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Marwan meminta agar pimpinan Baznas periode 2020-2025 bisa melaksanakan amanahnya dengan penuh tanggungjawab khususnya dalam mengelola dan mendayagunakan potensi zakat infak sedekah (ZIS) di Kabupaten Sukabumi.

"Saya berharap Baznas Kabupaten Sukabumi mampu meneguhkan dan mengarusutamakan Baznas sebagai energi perubahan. Khususnya kepada para muzakki dan menjadi instrumen pembangunan ekonomi umat. Sehingga, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA: Baznas, ZCD dan PMI Kota Sukabumi Bentuk Kampung Tanggap Bencana Corona

Berkaitan tasyakur binni'mah hari jadi Kabupaten Sukabumi ke 150 tahun, Marwan berterima kasih kepada jajaran yang telah menyelenggarakan seluruh kegiatan milangkala hingga berjalan dengan lancar.

"Walaupun dilaksanakan dalam kondisi keprihatinan akibat Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat dan tekad kita. Terutama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi," ucapnya.

Kabupaten Sukabumi, Tambahnya, telah menorehkan berbagai prestasi dalam upaya mewujudkan masyarakat yang religius dan mandiri. Di antaranya, penghargaan kategori Kepala Daerah pendukung kebangkitan zakat pada Baznas Award 2019.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Sukabumi Perpanjang Kerjasama Dengan Baznas, 450 Jiwa Didaftarkan

"Selain itu, Pemda telah menerbitkan kebijakan dalam upaya peningkatan pemahaman, pengamalan, dan pengembangan nilai nilai keagamaan. Baik lewat Peraturan Bupati, Instruksi Bupati, maupun Surat Edaran," ungkapnya.

walau demikian Ikhtiar Pemda dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri akan sulit diwujudkan secara optimal apabila tidak didukung oleh seluruh masyarakat.

"Untuk itu, perlu sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat secara umum. Sehingga, nilai nilai keagamaan diharapkan menjadi solusi dalam membentengi masyarakat. Termasuk generasi muda dari perilaku yang dapat merusak akidah akhak," terangnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi
Life28 Maret 2024, 19:00 WIB

10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin

Catin Yuk Simak, Ini Sederet Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin!
Ilustrasi. Cincin Pernikahan | 10 Persiapan Menjelang Pernikahan yang Harus Diperhatikan Calon Pengantin (Sumber : pixabay.com/@JeffBalbalosa)
Sukabumi28 Maret 2024, 18:51 WIB

Kronologi Mobil Pikap Terjun ke Jurang 25 Meter di Cireunghas Sukabumi, Sopir Terluka

Berikut kronologi kecelakaan tunggal mobil pikap terjun ke jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi.
Kondisi mobil pikap yang masuk jurang sedalam 25 meter di Cireunghas Sukabumi. (Sumber : Istimewa)