Menu

03 Agu 2020, 19:11 WIB

Ketua DPRD Dukung Gunung Endut Jadi Kawasan Agrowisata di Sukabumi

Gapura Argowisata Taman Gunung Wayang, Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:SYAHRUL HIMAWAN

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengatakan, tahun 2021 sektor wisata menjadi prioritas Pemerintah Daerah Sukabumi untuk menggenjot perekonomian masyarakat. Apalagi Sukabumi ditopang dengan kekayaan sumber daya alamnya.

Salah satunya yang sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata, kata Yudha, yaitu Argowisata Taman Gunung Wayang di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. 

BACA JUGA: Tempat Wisata di Sukabumi Ditutup Selama Pandemi, Yudha: Rekreasi Bukan Prioritas

Maka dari itu dirinya akan mendukung Taman Gunung Wayang masuk dalam program pembangunan pariwisata Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Hal itu semata-mata untuk memajukan sektor pariwisata di Sukabumi. 

"Maka Kades (Kepala Desa) segera melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, karena hal itu sangat butuh dukungan dan sinergitas dari semua pihak," ujarnya kepada sukabumiupdate.com seusai mengunjungi Taman Gunung Wayang belum lama ini. 

Ia mengaku sampai saat ini dirinya belum mengetahui desa mana saja yang akan menjadi skala prioritas Pemerintah Daerah Sukabumi untuk pembangunan tempat wisata. Namun ia berharap tempat wisata yang ada di desa-desa dapat dijadikan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) maupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Gunung Endut, Dede Mistar, menambahkan Argowisata Taman Gunung Wayang dengan luas 

wilayah sekitar 8 hektare ini diinisiasi agar desa memiliki icon. Pasalnya dengan Argowisata dapat memberdayakan dan memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar.     

BACA JUGA: Yudha Sukmagara Bicara Kesiapan Era New Normal di Kabupaten Sukabumi

"Konsepnya kita terapkan budaya bangunan khas sunda. Saat ini pembangunan sekemampuan kita dulu, masih banyak sarana-sarana umum yang belum selesai. Jadi kalau ada anggaran sisa baru dialokasikan ke pembangunan Argowisata itu. Pembangunan ini telah berjalan selama dua tahun," tuturnya.

Dede menjelaskan, ada beberapa jenis pohon buah yang akan ditanam di Argowisata Taman Gunung Wayang ini antara lain Jambu Kristal 800 pohon, Mangga 20 pohon, Lengkeng 20 pohon, Nangka 20 pohon, Sirsak 20 pohon, Jambu Madu 100 pohon. "Selain itu akan ditamani pohon Jeruk Lemon, Alpukat, dan Durian," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Whatsapp grup warga Sukabumi, Rabu malam ini (30/9/2020) dihebohkan dengan penangkapan dua pria di Kampung Susukan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Dalam sejumlah video yang beredar,...

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi membuka rekrutmen untuk posisi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020. Koordiv SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten...

SUKABUMIUPDATE.com - Co-founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, menilai langkah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang kembali membahas isu Gerakan 30 September (G30S/PKI), bernuansa politis....

SUKABUMIUPDATE.com - Calon Bupati Sukabumi nomor urut 2, Marwan Hamami menyatakan dukungannya terhadap program bank sampah, tabungan sampah, dan sedekah sampah yang digagas Forum Gerakan Peduli Sampah (FGPS) di Kampung...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya