//
Menu

21 Jul 2020, 16:11 WIB

Beleid Pembubaran Gugus Tugas Covid-19, Begini Respon Pemkab dan Pemkot Sukabumi

Pelaksanaan swab test massal oleh Gugus Tugas Covid-19 Kota Sukabumi, Selasa (30/6/2020). | Sumber Foto: Dok./Sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin, 20 Juli 2020. 

BACA JUGA: Istana Sebut Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tidak Dibubarkan

Dikutip dari Tempo.co, kehadiran komite ini sekaligus akan menghapuskan keberadaan Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Kepastian penghapusan Gugus Tugas ini tertuang dalam Pasal 20. Disebutkan bahwa Gugus Tugas dan Gugus Tugas Daerah masih akan tetap melaksanakan tugas, fungsi, dan wewenangnya sampai Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Satuan Penanganan Covid-19 Daerah dibentuk.

BACA JUGA: Jokowi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19, Ini Gantinya

Menanggapi hal itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyebut, pihaknya akan melakukan penyesuaian dengan kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Persiapannya kita akan melakukan pembahasan. Kita tentunya akan menyesuaikan dengan apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat," kata Fahmi kepada sukabumiupdate.com, usai menghadiri acara launching pasarsukabumi.com di Balai Kota Sukabumi, Selasa (21/7/2020).

BACA JUGA: Bakal Ada Razia Masker di Kabupaten Sukabumi, Gugus Tugas Instruksikan Camat

Diwawancarai terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi mengaku sudah mendapat gambaran, namun belum mendapat diseminasinya.

"Nanti pelaksanaannya simultan. Berkerja bersama-sama. Belum dapat diseminasinya, tapi paling tidak kita sudah ada gambaran bahwa kedepan adalah komite, karena ekonomi yang akan digenjot. Tetap protokol kesehatan diberlakukan," ujar Iyos usai evaluasi penanggulangan Covid-19 di Kantor Kecamatan Nagrak, Selasa (21/7/2020).

BACA JUGA: Sekolah Tatap Muka di Kota Sukabumi Mesti Dapat Izin dari Gugus Tugas Covid-19

Diberitakan sebelumnya, dalam salinan Perpres Nomor 82 Tahun 2020 itu, fungsi Gugus Tugas yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, dihilangkan.

Namun terdapat dua satuan baru, yakni Satuan Tugas Pemulihan Covid-19 yang diketuai Doni Monardo dan Satuan Pemulihan Ekonomi Nasional yang diketuai oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Reporter : OKSA BC/SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda Kampung Cipeusing RT 01/05 Desa dan Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, berinisiatif mendirikan Bank Sampah Cipeusing (BSC). Selain untuk memberikan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke Sungai...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, memasuki masa tenang pilkada serentak 2020 ini pihaknya akan melakukan pemusnahan surat suara yang rusak. Ferry menuturkan, format...

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan alias OTT pejabat di Kementerian Sosial. "KPK telah melakukan tangkap tangan terhadap PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) pada Program Bansos Kemensos,"...

  SUKABUMIUPDATE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi mengkonfirmasi adanya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang reaktif berdasarkan hasil rapid test yang difasilitasi KPU. "Petugas KPPS difasilitasi oleh KPU...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya