Menu

16 Jul 2020, 19:05 WIB

Bangun Sukaluyu, Daftar Kegiatan Fisik dan Non Fisik TMMD 108 di Kabupaten Sukabumi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dampingi Tim Wasev Mabes TNI yang dipimpin langsung Asisten Intelijen Kasad Mayjen TNI Teguh Arip Indramotko di lokasi TMMD 108 di Desa Sukaluyu Kalibunder | Sumber Foto:Dokpim setda Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 di Kabupaten Sukabumi tahun 2020 menyasar salah satu wilayah terpencil, Desa Sukaluyu di Kecamatan Kalibunder. Disini, TMMD ditugasi untuk melakukan pembangunan fisik dan non fisik guna membantu masyarakat desa bangkit secara ekonomi.

Dikutip dari akun Pemerintah Kabupaten Sukabumi, TMMD Ke 108 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2020 ini melakukan 13 pengerjaan fisik (pembangunan) infrastuktur. Mulai dari pengaspalan jalan desa dengan panjang 1,6 kilometer dan lebar 2,5 meter, pembangunan gorong gorong 7 unit, pembangunan TPT (tembok penahan anah) panjang 217 meter lebar 0,25 meter dan tinggi 1,8 meter, Pengerasan jalan desa dengan panjang 850 meter lebar 2 meter dan tebal 0,15 meter.

Pengerasan jalan rabat beton ruas 1 panjang 600 meter lebar 1 meter tebal 0,08 meter, pengerasan jalan rabat beton ruas 2 panjang 650 meter lebar 2 meter tebal 0,08 meter, pengerasan jalan rabat beton ruas 3 panjang 750 M lebar 1 meter tebal 0,01 meter.

Pembangunan sarana air bersih sumur bor 3 unit, pembangunan sarana (mandi cuci kakus) MCK 3 unit, pembangunan Posyandu 1 unit, pembangunan jembatan gantung panjang 40 meter lebar 1,2 meter tinggi 8 meter, Pembangunan bronjong panjang 78 meter persegi serta Rehabilitasi RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) 10 unit.

BACA JUGA: Bersiap Jelang TMMD ke 108 di Kabupaten Sukabumi, Ini Sasarannya

Sementara untuk pembangunan non fisik para tentara ini melakukan 10 kegiatan. Meliputi penyuluhan kependidikan, Keagamaan, kesehatan, pertanian, peternakan, kepemerintahan desa, keamanan dan ketertiban masyarakat, Penyuluhan program KB, kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan serta Pembinaan Pramuka Saka Wira Sartika.

Hari ini, pelaksaan TMMD ke 108 di Kabupaten Sukabumi di Desa Sukaluyu ini dikunjungi oleh Tim Wasev Mabes TNI yang dipimpin langsung Asisten Intelijen Kasad Mayjen TNI Teguh Arip Indramotko. Kunjungan Asintel didampingi oleh para petinggi i TNI mulai dari Kasdam III Brigjen TNI Kunto Arip Wibowo S.IP, Paban 1 Sintel, Kol. INF Bayupermana, Kasrem 061/SK Kol INF Dedy Suryadi S.I.P, Kasiter 061/SK, Kol.Kav Budiman Ciptadi S.A.P., Waaster kasdam III Letkol Kav Mujahidin, Waasintel Kasdam III Letkol INF. Endang S, Paban 4 Letkol INF Haris S, dan Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno berserta jajarannya.

Hadir mendampingi Mayjen TNI Teguh Arip Indramotko, Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama unsur forkominda dan jajaran pemerintah daerah, kecamatan dan desa.Dalam sambutannya Mayjen TNI Teguh Arip Indramotko menyampaikan bahwa kedatangannya selain monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan TMMD juga menyerap saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan pelaksanan TMMD dimana datang. 

BACA JUGA: Helikopter BNPB Mendarat di Lapang Sindangsari Sukabumi, BPBD: Kunjungan Asintel KASAD

"TMMD di desa ini sudah berlangsung sejak 40 tahun lebih dan tujuan utamanya adalah untuk mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat yang sering kita dengar adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat hal ini sebagai penjabaran sistem pertahanan kita di Indonesia yang merupakan sistem pertahanan rakyat semesta" tambahnya

Bupati Marwan Hamami dalam sambutannya berharap TMMD mempercepat pembangunan di Kabupaten Sukabumi. “Kegiatan TMMD diharapkan dapat meningkatkan transportasi logistik dari pedesaan, peningkatan ekonomi masyarakat, keamanan dan gotong royong masyarakat" ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Arm Suyikno menegaskan TMMD 2018 ini akan menyerap anggarap Rp 2 Miliar lebih. Lanjut Suyikno, personel yang akan terlibat diantaranya Armed, 310, Marinir dan Satradar, termasuk unsur pemerintahan daerah dan jajaran Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

 

Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Manchester City dilaporkan akan mendatangkan setidaknya lima pemain selama bursa transfer musim panas dan ingin merampungkan aktivitas jual beli pemain di awal musim baru pada 12 September,...

SUKABUMIUPDATE.com - Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Riki Fahmi Mubarok melalui Kanit Laka Iptu Nandang Herawan mengatakan, tak ada pengalihan arus akibat dampak perbaikan jembatan tersebut.  "Tidak ada pengalihan arus, tapi...

SUKABUMIUPDATE.com - Ledakan besar mengguncang ibu kota Lebanon, Beirut, pada hari Selasa kemarin. Saking besarnya, ledakan di Beirut terasa hingga jarak 150 mil (240 kilometer) dari lokasi kejadian. Melansir Tempo.co,...

SUKABUMIUPDATE.com - Sidang kasus kepemilikan narkoba Lucinta Luna ditunda imbas Pengadilan Negeri Jakarta Barat ditutup selama sepekan karena temuan kasus Covid-19. Dilansir dari tempo.co, PN Jakarta Barat tutup sejak Selasa...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya