Light Dark

Pilkada Kabupaten Sukabumi Dipantau Polda Jabar, Wakapolda: Harus Aman dan Sehat!

Pemerintahan | 02 Jul 2020, 19:20 WIB

Pilkada Kabupaten Sukabumi Dipantau Polda Jabar, Wakapolda: Harus Aman dan Sehat!

Pemerintahan | 02 Jul 2020, 19:20 WIB
Wakapolkda Jawa Barat, Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus (tengah) | HUMAS POLRI

SUKABUMIUPDATE.com – Pilkada Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu yang dapatkan perhatian dari Polda Jawa Barat. Dalam zoom meeting yang digelar Kamis, (2/7/2020) Wakapolkda Jawa Barat, Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus meminta jajaran polres sukabumi membantu KPU dan Bawaslu untuk memastikan setiap tahapan pilkada Kabupaten Sukabumi berjalan aman dan sehat, karena berlangsung ditengah pandemi covid-19.

Salah satu point yang ditegaskan Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus adalah memastikan KPU dan pemerintah daerah mendapatkan semua kebutuhan APD (alat perlindungan diri) dalam rangka menggelar pilkada dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. APD dibutuhkan oleh penyelenggara setiap tahapan pilkada khususnya saat pencoblosan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Kapolres Sukabumi AKBP M. Lukman Syarif. Dalam rilis yang terima redaksi sukabumiupdate, Zoom meeting ini diikuti oleh jajaran KPU dan Bawaslu Kabupaten Sukabumi. “Dalam kesempatan bersama pak Wakapolda, KPU menegaskan siap melaksanakan tahapan Pilkada Kabupaten Sukabumi,” jelas AKBP Lukman Syarif.

Peta kerawanan sudah inventalisir, dimana ada level kewaspadaan gangguan yang berbeda di setiap tahapan. “Kordinasi KPU, bawaslu dan polres sukabumi sudah sangat baik, kita sudah mendirikan Posko pengamanan di Kantor KPU dan menugaskan Kasat Intelkam untuk selalu mengawal kegiatan KPU Kabupaten Sukabumi,” tegasnya.

BACA JUGA: Selamat Datang di Polres Sukabumi, AKBP Lukman Menatap Pilkada Dimasa Pandemi

Dalam zoom meeting ini Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus menurut Kapolres Sukabumi menekakan sejumlah poin yang harus dilakukan dalam rangka pengamanan Pilkada 2020. Pertama para kapolres diminta membantu dan memfasilitasi kebutuhan KPU dan pemda dalam pengadaan APD untuk penyelenggara Pilkada.

“Kami diminta tidak under estimit terhadap situasi, sesuaikan dengan situasi  terutama di tengah pandemi baik itu zona hijau, biru atau kuning. Pilkada ini harus aman dan sehat,” sambung Lukman Syarif.

Polres Sukabumi dan polres lainnya di Jawa Barat yang ikut mengamankan pilkada serentak 2020 ini juga diminta oleh Wakapolda Jabar untuk efektif gunakan teknologi untuk terus berkomunikasi dan koordinasi sesuai anjuran pemerintah dalam pelaksanaan New Normal.

Selain Kabupaten Sukabumi, ada tujuh daerah di Jawa Barat yang juga menggelar pilkada serentak ditengah pandemi tahun 2020 ini. Kabupaten Bandung, Cianjur, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran dan Kota Depok.

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Reporter